Fri. Jun 14th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

BPSDM Perhubungan Dukung dan Bantu Pemerintah Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

2 min read
BPSDMPSTPI

ANGKASAREVIEW.COM – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan RI siap mendukung dan membantu pemerintah menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.

Sebagai badan penyedia SDM yang unggul dan berkualitas di bawah naungan Kementerian Perhubungan, BPSDMP terus mengikuti perkembangan revolusi industri, khususnya Revolusi Industri 4.0 yang berkembang saat ini.

Kepala BPSDMP Umiyatun Hayati Triastuti mengatakan, BPSDMP melakukan sinergi antarkementerian, baik dengan Kementerian BUMN yang banyak menerima lulusan pendidikan dan pelatihan dari UPT BPSDMP, maupun dengan kementerian lainnya.

BPSDP juga melakukan engagement untuk semua aspek-aspek terkait.

“BPSDMP telah melakukan banyak perubahan, kurikulum yang up-to-date sebagai pondasi awal sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti dan disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder ¬†dari berbagai kementerian. SDM yang dicetak oleh BPSDMP menjadi daya tarik kebutuhan industri,” jelas Umiyatun Hayati di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Ditambahkan, BPSDMP mengarahkan peningkatan di segala aspek dengan keterkaitan satu sama lain dan melakukan transformasi yang berdampak positif.

“BPSDMP telah mengidentifikasi kebutuhan dari industri akan SDM yang unggul dan berkualitas. Transformasi yang dilakukan sangat baik dan positif. BPSDMP melakukan navigasi terhadap risiko dan peluang yang muncul di sepanjang proses perbaikan-perbaikan ke arah lebih baik. Tujuannya, SDM yang siap kerja dan berdaya saing di dunia internasional,” tambah Kepala BPSDMP.

Di hari yang sama, Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Nasional Indonesia (HIMPUNI) menyelenggarakan Seminar dan Dialog Nasional Penyiapan Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi Revolusi Industri Ke-4 dengan tema “Kesiapan Tenaga Kerka Indonesia”.

Jusuf KallaSTPI

Revolusi ini memperkenalkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengubah dunia sebagaimana revolusi generasi pertama melahirkan sejarah ketika tenaga manusia dan hewan digantikan dengan kemunculan mesin.

Bertindak selaku Keynote Speaker dalam seminar dan dialog ini adalah Wakil Presiden Republik Indonesia yang Ketua Umum IKA UNHAS Makassar, Jusuf Kalla.

Seminar dan dialog menghadirkan empat nara sumber kompeten di bidangnya, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Hariyadi Sukamdani, dan Pengusaha Indonesia Owner CT Corp. Chairul Tanjung.

“Perubahan yang dinamis sebagai dampak dari Revolusi Industri 4.0 ini tidak hanya pada pertumbuhan ekonomi, melainkan juga sosial, bisnis, hubungan nasional-global, pengelolaan informasi, dan lain sebagainya,” ujar Jusuf Kalla.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *