Fri. May 24th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Lazar 3, Ranpur 8X8 Multiperan Terbaru Angkatan Bersenjata Serbia

2 min read
Lazar 3 APCKemhan Serbia

ANGKASAREVIEW.COM – Di pengujung tahun lalu, tepatnya pada 20 Desember 2018, Kementerian Pertahanan Serbia merilis rekaman dan foto uji dan pelatihan awak kendaraan tempur (ranpur) terbaru Lazar 3 untuk Angkatan Bersenjata Serbia. Acara tersebut dihadiri oleh Menhan Serbia Aleksandar Vulin dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Letjen Milan Mojsilović.

Sobat AR, Lazar 3 merupakan ranpur lapis baja multiperan terbaru yang dirancang oleh perusahaan Yugoimport SDPR. Proyek Lazar 3 mulai digarap tahun 2015 dan purwarupanya ditampilkan dua tahun kemudian, 2017.

Rancang bangun Lazar 3 merupakan penyempurnaan dari desain versi sebelumnya, yakni Lazar 2 yang muncul pada 2013 dan Lazar 1 tahun 2008.

Konsep desain Lazar 3 mengacu pada panser beroda 8X8 multiperan ala Barat. Ranpur ini tak kalah dalam hal tingkat perlindungan, pergerakan (mobilitas), dan daya tembak. Lazar 3 didapuk sebagai ranpur yang dapat menjalankan misi tempur jangka panjang baik dalam konflik intensitas ringan hingga berat serta dapat digunakan dalam operasi penjaga perdamaian.

Lazar 3 memiliki perlindungan balistik STANAG 4569 Level 4 menyeluruh, kecuali bagian depan pada level 5. Artinya dapat mengatasi hantaman peluru senapan mesin kaliber 12,7 mm atau 14,5 mm.

Lazar 3Kemhan Serbia

Sementara tingkat perlindungan antiranjau atau bahan peledak improvisasi (IED) berada pada STANAG 4569 Level 3a dan 3b atau artinya dapat bertahan dari ledakan setara 8 kg TNT.

Jumlah kru Lazar 3 tergantung pada varian maupun peran dalam penggunaannya. Sebagai kendaraan angkut pasukan (APC) misalnya, Lazar 3 dapat diisi 12 personel (komandan, pengemudi, penembak, dan sembilan prajurit).

Sementara untuk versi angkut tempur (IFV) yang dilengkapi kubah (turet), jumlah awaknya berkurang satu orang.

Untuk persenjataan bela diri dan bertempur, versi APC dilengkapi RCWS bersenjatakan senapan mesin Zastava M86 kaliber 7,62 mm atau Zastava M02 kaliber 12,7 mm.

IFVKemhan Rusia

Sedangkan versi IFV dilengkapi kubah berawak satu orang yang dipersenjatai kanon 2A42 kaliber 30 mm koaksial serta senapan mesin kaliber 7,62 mm. Tersedia juga enam tabung pelontar granat asap di ujung atap belakang.

Lazar 3 memiliki dimensi panjang 7,92 mm, lebar 2,95 mm, dan tinggi 2,32 m. Untuk tenaga penggerak, ranpur berbobot 32 ton ini menggunakan mesin diesel Cummins ISM 500 berdaya 500 hp. Kendaraan bisa dipacu maksimal 110 km/jam di permukaan datar dengan jangkauan operasi hingga 800 km.

Sobat AR, sebagaimana diutip dari keterangan Kemhan Serbia, Angkatan Darat Serbia setidaknya membutuhkan 200 unit Lazar 3 versi APC. Sebanyak enam dari 18 unit kelompok pertama telah diterima pada Desember 2018 silam.

Lazar 3 juga telah diadopsi oleh Polisi Militer Serbia (Gendarmery) sebanyak 12 unit. Sementara sebagai pelanggan asing pertama dikabarkan datang dari Pakistan, namun dengan jumlah yang tak disebutkan.

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *