“Si Belang” Bell 505 Versi Penegakan Hukum Kepolisian Sacramento AS

Bell 505Bell Helicopter

ANGKASAREVIEW.COM – Untuk pertama kalinya pabrik Bell Helicopter, Textron Inc. menyerahkan varian khusus helikopter Bell 505 versi Law Enforcement (Penegakan Hukum) kepada Departemen Kepolisian Sacramento (SPD) California, Amerika Serikat, 3 Desember 2018 lalu.

Penerimaan heli berwarna belang hitam-putih ini sekaligus menjadikan SPD sebagai operator pertama Bell 505 versi Law Enforcement di AS dan di dunia.

Dikutip dari ainonline.com, helikopter pesanan SPD ini telah mendapatkan modifikasi khusus sesuai kebutuhan peran operasi penegakan hukum dari udara.

Secara fisik tampak ada sedikit perbedaan di bagian kaki pendarat (landing skid) heli ini yang lebih tinggi dari versi sipil Bell 505 JRX pada umumnya. Hal ini diperuntukkan agar awak heli tetap aman berdiri (beraksi) saat rotor masih berputar.

Bell 505 JRX milik SPD dilengkapi dek penerbangan Garmin G1000H termasuk monitor 15 inci dengan sistem peta bergerak untuk pencarian di udara.

Di bagian luar terpasang perangkat megaphone (pengeras suara), lalu Beam Searchlight (lampu sorot) buatan Trakka serta MX-10 sensor EO/IR yang disimpan di bawah dagu heli. Disebutan, total biaya modifikasi menghabiskan biaya sekira 2,7 juta dolar AS.

Kehadiran heli Bell 505 Law Enforcement menjadikan otot Tim Operasi Udara SPD bertambah kuat. Sebelumnya, satuan ini telah diperkuat dengan helikopter Bell 206 Jet Ranger dan dua unit Hughes OH-58 yang merupakan hibah dari Angkatan Darat AS.

Dikabarkan Departemen Kepolisian Stockton, Negara Bagian California, juga akan menyusul SPD. Kontrak pembelian satu unit Bell 505 Law Enforcement telah ditandatangani. Direncanakan heli ini sudah harus operasional di Departemen Kepolisian Stockton pada Maret 2019 mendatang.

Sobat AR, helikoper teringan dan terbaru buatan Bell Helicopter ini diperkenalkan pertama kali di ajang Paris Air Show pada Juni 2013. Kala itu heli ini dikenal sebagai Bell SLS (Short Light Single).

Selanjutnya heli tersebut mendapatkan nama resmi Bell 505 Jet Ranger X (JRX) pada ajang HAI Heli-Expo Februari 2014 di Anaheim, California. Bell 505 JRX melaksanakan penerbangan perdananya pada 10 November 2014.

Bell 505Bell Helicopter

Meski tergolong helikopter baru (clean sheet design), Bell 505 JRX menggunakan beberapa komponen milik Bell 206L-4 Jet Ranger. Salah satunya adalah rotor utamanya.

Untuk mesin mengadopsi Turbomeca Arrius 2R turboshaft berdaya 505 shp. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 232 km/jam. Ketinggian terbang maksimum hingga 5.670 m dan jangkauan operasi sejauh 617 km.

Di kelas helikopter ringan bermesin tunggal, Bell 505 JRX harus menghadapi lawan-lawan yang sudah mapan seperti EC120 Colibri buatan Airbus Helicopters.

Rival yang juga datang dari dalam negeri adalah Robinson R66, MD 500, dan Enstrom 480B.

Sebagai informasi tambahan, 18 helikopter Enstrom 480B juga menjadi andalan Polisi Udara, Kepolisian Negara Republik Indonesia sejak 2004 silam.

Rangga Baswara Sawiyya

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!