Wed. May 22nd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

STPI Curug dan PTDI Jajaki Kerja Sama Pemanfaatan SDM dan Fasilitas

2 min read
STPIFery Setiawan

ANGKASAREVIEW.COM – Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara melalui Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug menjajaki kerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI dalam pemanfaatan sumber daya manusia, sarana, dan prasarana yang dimiliki.

Hal ini diawali dengan dilaksanakannya finalisasi persiapan penandatangan kesepakatan bersama antara Pusbang SDM Perhubungan Udara dengan PTDI di Kantor BPSDM Perhubungan, Jakarta Pusat (3/1/2019).

Ketua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM mengatakan, kerja sama ini merupakan Komitmen Nasional Penguatan SDM.

“Kerja sama antar Air Transport Levels, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai Reinforcement dan Regulation-Making serta BPSDMP sebagai penyedia SDM yang kompeten (Human Resources Provider),” ujar Novyanto.

Ketua STPI berharap, kegiatan dan kerja sama ini dapat disiapkan pada Rencana Bisnis Anggaran (RBA) STPI tahun 2019 dan seterusnya serta menjadikan sinergi antara Kemenhub dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam hal ini PTDI yang tentunya akan berdampak positif bagi pembangunan nasional.

Menurut Novyanto, di tahun 2019 dinamika pekerjaan diselimuti persaingan yang makin kompetitif. Hal ini sebagai dampak kemajuan teknologi industri yang semakin maju seiring dengan perkembangan zaman.

“Oleh karena itu, sebagaimana amanat dari Kepala BPSDMP untuk masing-masing Unit Pelaksana Teknis BPSDMP harus siap mendukung rencana pemerintah membangun SDM secara besar-besaran pada 2019,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Sri Lestari Rahayu SH, LLM mengatakan, sebagai UPT PPSDMPU, STPI Curug harus merespons dengan baik dan melakukan pengembangan kemandirian dalam bidang pendidikan dan pelatihan calon penerbang dan/atau mekanik melalui pemanfaatan sumber daya, sarana, dan prasarana yang dimiliki oleh STPI.

Hal tersebut, ujarnya, dilaksanakan dengan tetap berpegang pada prinsip kerja sama yang profesional serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Sebagai Institusi Pelatihan Penerbangan di bawah Kementerian Perhubungan, STPI bertugas menyelenggarakan pendidikan, pelatihan serta pengabdian kepada masyarakat di bidang penerbangan. Ketua STPI menandaskan, STPI Curug akan mengakomodir kebutuhan PTDI.

“PTDI sebagai BUMN industri kedirgantaraan memiliki kemampuan dalam bidang rancang bangun, pengujian, produksi, perawatan, perbaikan dan modifikasi pesawat terbang tentunya membutuhkan SDM. Sementara STPI memiliki tenaga instruktur penerbang yang sudah terkualifikasi dan tersertifikasi yang dapat mendukung kebutuhan PTDI maupun industri penerbangan lainnya,” jelas Novyanto.

Rencananya, Penandatangan Kesepakatan Bersama antara STPI Curug dengan PTDI akan dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Januari 2018 di Kampus STPI Curug.

Tary

1 thought on “STPI Curug dan PTDI Jajaki Kerja Sama Pemanfaatan SDM dan Fasilitas

  1. Sangat mendukung program kerjasama ini demi kemajuan industri pesawat udara sekaligus mendidik SDM rancang bangun pesawat udara di Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *