Kemhan Rusia Segera Uji Tank Tempur Utama T-14 Armata

T-14 ArmataAnton Novoderzhkin/TASS

ANGKASAREVIEW.COM – Setelah selesai menjalani uji pabrik, tank tempur utama (MBT) Rusia T-14 Armata tahun 2019 ini segera menjalani uji negara oleh Badan Keilmuan dan Penelitian Kementerian Pertahanan Rusia.

Kantor Berita TASS pada 31 Desember 2018 melaporkan, T-14 yang berbasis platform universal Armata dan dipersiapkan untuk meningkatkan kekuatan Angkatan Darat Rusia ini segera menjalani state trials.

“Tank T-14 berplatform Armata untuk Angkatan Darat Rusia tengah menyelesaikan uji oleh pihak pabrikan. Setelah itu, pada 2019 tank ini akan menjalani uji negara oleh Badan Keilmuan dan Penelitian Kementerian Pertahanan Rusia,” ujar Kemhan Rusia dikutip TASS.

T-14 merupakan tank generasi ketiga pasca-perang. Pihak pengembang mengatakan, tank ini tidak ada tandingannya di dunia.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan Alexei Krivoruchko menyatakan, Kemhan Rusia telah menandatangani kontrak dengan Uralvagonzavod untuk menyuplai 132 T-14 MBT dan T-15 IFV berbasis Armata. Produksi keseluruhan monster darat ini diminta selesai tahun 2021 mendatang.

T-14 muncul pertama kali di hadapan publik pada perayaan Hari Kemenangan di Lapangan Merah, Moskow pada 9 Mei 2015. Tank ini dilengkapi sistem senjata tempur digital, turet tak berawak, dan kapsul lapis baja bagi para awaknya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *