Wed. Jul 10th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Ransus Antiteror Survivor R Perkuat Tiga Kepolisian Negara Bagian Jerman

2 min read
RansusRMMV

ANGKASAREVIEW.COM – Rheinmetall MAN Miltary Vehicle (RMMV) pada 17 Desember lalu menyerahkan sebuah kendaraan khusus (ransus) Survivor R kepada kepolisian negara bagian Jerman, North Rhine-Westphalia. Ransus dengan proteksi lebih ini akan digunakan dalam situasi ekstrem.

Sebelumnya, ransus Survivor R juga telah digunakan oleh dua negara bagian Jerman lainnya, yakni Saxony yang mendapatkannya pada Desember 2017 dan negara bagian Berlin pada November 2018.

Sobat AR, dikutip dari defence-blog.com ransus Survivor R dibuat oleh perusahaan pertahanan asal Jerman RMMV yang dikembangkan perusahaan asal Austria, Achleitner. Survivor R dirancang untuk digunakan oleh satuan polisi khusus serupa tim SWAT (Special Weapons And Tatctics).

Kendaraan ini bisa diandalkan dalam operasi dengan risiko tinggi saat pasukan khusus harus diangkut dengan aman ke area operasi atau untuk mengevakuasi orang-orang dari zona yang sangat berbahaya.

Ransus multiguna Survivorpertama kali muncul di hadapan publik pada pameran pertahanan internasional Eurosatory 2014 di Paris, Perancis. Selanjutnya Survivor R varian Operasi Khusus (SOV) diresmikan pada pameran Milipol 2017 di Paris.

Survivor R dibangun berdasarkan sasis truk MAN seri TGM 4X4 yang memiliki performa tinggi. Berdimensi panjang 6,5 m, lebar 2,5, tinggi 2,7 m, dan bobot 17 ton, kabinnya bisa menampung 12 awak termasuk komandan dan pengemudi.

Sebagai penggerak, Survivor R dibekali mesin diesel kapasitas 6.900 cc berdaya 350 hp. Mesin disandingkan dengan transmisi MAN 12 AS 1210 Tipmatic 12 percepatan. Survivor R mampu melaju maksimum hingga 100 km/jam di jalanan datar.

Kabin monokok berlapis baja Survivor R tahan terhadap tumbukan peluru kaliber kecil seperti munisi pistol, senapan mesin ringan, dan senapan serbu.

RansusRMMV

Sebagai kendaraan antiteror dan huru-hara, Survivor R juga dapat dilengkapi perangkat blade dozer atau ‘pagar betis’ berupa pipa besi di bagian depannya.

Sebagai opsional, tersedia perlengkapan pendukung lainnya seperti kamera pengintai dan perekam 360 derajat, perangkat pengeras suara performa tinggi, kubah obeservasi optronik, sistem sinyal khusus, dan sistem ventilasi protektif.

Sobat AR, saat ini ransus Survivor R buatan RMMV baru digunakan oleh Kepolisian Jerman. Sedangkan HMV Survivor buatan Achleitner diadopsi oleh EKO Cobra atau Unit Polisi Taktis Kementerian Dalam  Negeri Austria.

HMV Survivorj uga diekspor ke Turkmenistan pada 2015 untuk digunakan oleh Satuan Garda Perbatasan.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *