Yakinkan Rusia, Turki Tak Akan Beri Kesempatan AS Bongkar Sishanud S-400 Triumf

S-400Russian MOD

ANGKASAREVIEW.COM – Turki menjamin tidak akan memberikan kesempatan kepada Amerika Serikat untuk mempelajari atau membongkar sistem pertahanan udara (sishanud) S-400 Triumf yang dibeli dari Rusia.

Hal itu dikatakan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu kepada Duta Besar Rusia untuk Ankara, Alexei Yerkhov. Demikian dilaporkan Sputniknews.com.

“Menteri kami meyakinkan Duta Besar Rusia bahwa Turki tidak akan memberi Amerika Serikat peluang untuk mempelajari sistem pertahanan udara S-400,” kata sumber yang dikutip keterangannya.

Sementara itu, Cavusoglu menulis cuitan di twitter bahwa ia telah bertemu dengan Yerkhov. Namun, ia tidak merinci agenda pertemuannya tersebut.

Seperti diketahui, baru-baru ini Bloomberg mengutip dua sumber yang melaporkan bahwa Turki diduga menawarkan kepada Amerika Serikat untuk mengeksplorasi sistem pertahanan udara S-400. Sishanud yang sangat ditakuti musuh itu akan segera dikirim Rusia ke Turki dalam waktu dekat.

Desember lalu, Ankara menandatangani perjanjian pinjaman dengan Moskow untuk pembelian sishanud S-400 Triumf.

Kepala Eksekutif Rostec Sergey Chemezov mengatakan, empat batalion S-400 senilai 2,5 miliar dolar AS segera dipasok Rusia ke Turki. Sebesar 55 persen dari jumlah kontrak pembelian itu ditanggung melalui pinjaman dari Rusia.

Turki dinilai seperti berdiri di dua kaki. Anggota NATO ini membeli sistem persenjataan dari Rusia dan Amerika Serikat.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!