Purwarupa Jet Latih L-39NG Buatan Ceko Sukses Terbang Perdana

Cekoedrmagazine.eu

ANGKASAREVIEW.COM – Berselang dua bulan lebih sejak diluncurkan pada 15 Oktober lalu, jet latih generasi baru L-39NG (Next Generation) buatan Aero Vodochody, Republik Ceko berhasil menjalani penerbangan perdana pada 22 Desember 2018.

Di bawah kendali pilot uji David Jahoda dan Vladimír Továrek, purwarupa L-39NG mengudara pada 10.38 pagi waktu setempat dari landas pacu pabrik Aero Vodochody dekat ibu kota Praha. Pesawat mengudara selama 26 menit.

Sobat AR, pabrik pesawat Aero Vodochody mengembangkan L-39NG dari basis jet latih L-39CW. Pesawat ini mengadopsi mesin jet baru FJ-44M buatan Williams International menggantikan mesin lawas Honeywell/ITEC F124 yang digunakan pada jet seri L-59 dan L-159. Mesin baru ini selain lebih bertenaga dan lebih ekonomis dalam penggunaan bahan bakar.

Sedikit perbedaan secara fisik antara L-39NG dengan L-39CW, adalah penghapusan tangki eksternal pada ujung sayap L-39NG serta desain lubang masukan udara (air intake) baru. Perubahan mendasar lainnya adalah penggunaan bahan komposit secara maksimal untuk membalut bodinya agar mengurangi bobot pesawat secara signifikan.

Aero Vodochody didapuk untuk digunakan sebagai jet latih dasar, latih lanjut, hingga peran LIFT (Lead-in Fighter Trainer). Sebagai jet LIFT, L-39NG digunakan untuk menempa calon penerbang tempur sebelum mejadi pilot tempur solo serta bisa dijadikan sebagai jet tempur generasi keempat maupun kelima.

cekoedrmagazine.eu

Berperan sebagai jet tempur/serang ringan, L-39NG dibekali empat gantungan senjata di bawah sayapnya dan sebuah di perut untuk membawa pod berisi kanon. Persenjataan yang dapat dibawa cukup beragam mulai dari bom konvensional, bom berpandu, misil udara ke permukaan serta misil jarak dekat anti pesawat terbang.

Sebagai jet latih modern, L-39NG telah dilengkapi dengan desain kokpit canggih berupa Full Glass Cockpit (FGC) serta penggunaan Helmet Mounted Display (HMD). Aero Vodochody juga menawarkan konsep pelatihan inovatif berbasis darat dengan penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) secara ekstensif.

Secara spesifikasi jet latih L-39NG memiliki panjang badan 11,7 m, rentang sayap 9,3 m, dan MTOW seberat 5.800 kg. Kecepatan maksimum yang dapat diraih mencapai 777 km/jam, ketinggian terbang maksimum 6.000 m, dan jangkauan operasi mencapi 2.590 km.

Cekoedrmagazine.eu

Sobat AR, Aero Vodochody menargetkan proses sertifikasi L-39NG akan tuntas pada 2019 dan produksi dijalankan tahun berikutnya. Di kelasnya jet L-39NG akan bersaing dengan KAI T-50i lalu Leonardo M-345 HET dan M-346 Master, Hongdu L-15, dan Yak-130. Aero Vodochody menargetkan dapat meraup pasar sebanyak 150 jet selama satu dekade ke depan.

Hingga saat ini Aero Vodochody telah membukukan pesanan untuk empat L-39NG dari AU Senegal dan 16 jet oleh perusahaan pencetak pilot Skytech dari Portugis. Pesananan juga diperoleh dari RSW Aviation, perusahaan pelatihan pilot asal AS dan enam L-39NG lainnya dari LOM Praha yang dikelola negara untuk melatih pilot militer Ceko.

Rangga Baswara Sawiyya

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!