Kementerian Pertahanan Rusia Segera Terima Dua Heli Angkut Militer Mi-38T

Mi-38via Defence Blog

ANGKASAREVIEW.COM – Kementerian Pertahanan Rusia segera menerima dua helikopter angkut militer Mi-38T dari Russian Helicopters tahun depan. Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan hal itu kepada media saat mengunjungi pabrik Kazan Helicopter di Kazan, Rusia.

“Helikopter ini memiliki masa depan yang gemilang. Kami sudah menandatangani kontrak pengadaan dua unit dan akan menerima helikopter pertama pada musim panas tahun depan,” kata Krivoruchko seperti dikutip Defence Blog usai menyaksikan demonstrasi Mi-38, (20/12).

Mi-38 yang akan diserahkan kepada Kementerian Pertahanan Rusia merupakan model seri pertama dari Mi-38 yang masuk jalur produksi. Mi-38 seri ini mengudara perdana pada akhir November 2018. Sementara prototipe Mi-38 pertama mengudara pada 22 Desember 2003.

Helikopter transpor Mi-38 bersifat multiguna. Heli dapat digunakan untuk membawa kargo maupun penumpang termasuk penumpang VIP. Heli ini juga dapat digunakan untuk misi pencarian dan pertolongan (SAR) dalam berbagai kondisi cuaca, panas maupun dingin.

Beragam perangkat elektronik terbaru telah melengkapi heli berkapasitas angkut 30 penumpang  berdasarkan Regulasi Kelaikan AP-29 ini.

Mi-38via Defence Blog

Di antara kelengkapan terbaru adalah sistem navigasi pilot yang didukung lima layar kristal cair. Terdapat juga sistem proteksi ledakan pada mesin.

Kemudian, heli yang ditenagai dua mesin Klimov TV7-117V turboshaft ini dilengkapi penopang (strut) tambahan untuk pendaratan di medan lunak atau bersalju.

Sementara pada bagian kabin, kursinya dirancang mudah digunakan maupun dilepas-pasang. Mi-38 juga dilengkapi peralatan lepas-pasang untuk angkut barang maupun medik udara.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!