Purwarupa ke-2 N219 PK-XDP Sukses Mengudara Perdana

N219Bambang Haryanta

ANGKASAREVIEW.COM – Sesuai dengan target yang direncanakan, tepat pukul 07.50 WIB purwarupa ke-2 pesawat N219 berhasil melakukan penerbangan perdananya. Membumbung ke udara dari landas pacu Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Bertindak selaku pimpinan penerbangan adalah Kepala Pilot Uji PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Capt. Esther Gayatri Saleh selaku pilot in command (PIC) didampingi kopilot Capt. Ervan Gustanto.

Didukung udara berlangit cerah meski sedikit berawan, pesawat bernomor registrasi PK-XDP tersebut mengudara selama 20 menit. Pesawat terbang berputar-putar di atas Waduk Saguling, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Selama penerbangan, N219 PK-XDP dikawal oleh pesawat chaser Kodiak 100 PK-NZK yang dipiloti oleh Capt. Zulda.

Kehadiran purwarupa ke-2 PK-XDP tentunya akan mempercepat proses mendapatkan sertifikasi dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Dirten Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI.

Hingga saat ini PTDI telah menerbangkan dua prototipe N219, yaitu prototipe pertama PK-XDT yang digunakan untuk menguji performa pesawat, sedangkan PK-XDP untuk menguji sistemnya.

Uji kelayakan N219 sebelum masuk fase produksi meliputi uji terbang 500-600 jam untuk pesawat uji dinamis.

N219Bambang Haryanta

Lalu tes olah gerak pada pesawat uji statis digunakan untuk menguji daya tahan beban serta tes ketahanan tekanan (fatique) guna mengukur usia ekonomis.

Diharapkan, rangkaian uji untuk mendapat sertifikasi ini akan tuntas pada Maret 2019. Sehingga, pesawat dapat segera diproduksi.

Direncanakan, seusai sertifikasi diterima pada tahap awal PTDI baru akan memproduksi dengan kapasitas tiga pesawat. Lalu setelah itu meningkat ke depannya hingga kapasitas normal untuk 36 pesawat.

N219

Sobat AR, N219 pesawat terbang kapasitas 19 penumpang yang mendapatkan nama Nurtanio dari Presiden Jokowi ini telah banyak dipesan. Hingga saat ini PTDI membukukan pesanan sebanyak 500 pesawat, 200 unit di antaranya dari maskapai dalam negeri.

Berikut foto-foto dan video uji terbang perdana pesawat N219 PK-XDP yang diperoleh redaksi Angkasa Review dari Humas PTDI. Foto dan video dibuat melalui bidikan kamera Bambang Haryanta yang juga karyawan PTDI.

Rangga Baswara Sawiyya

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!