Sat. May 25th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Tambah Lagi Super Puma, Polisi Federal Jerman Operasikan 90-an Helikopter Buatan Airbus

1 min read
Super PumaAirbus

ANGKASAREVIEW.COM – Kepolisian Federal Jerman (Bundespolizei) merupakan salah satu institusi pengguna helikopter terbanyak buatan Airbus. Saat ini 88 helikopter produksi Airbus terdiri dari 42 H135 berbagai varian, 19 Super Puma (AS332 L1), 19 H155, dan 8 H120 telah dimiliki dan dioperasikan Bundespolizei.

Pada 14 Desember lalu, Bundespolizei menerima lagi kiriman tiga unit helikopter H215 Super Puma dari Airbus. Sehingga, total helikopter Airbus yang dimiliki saat ini sudah mencapai 90-an unit.

Tahun depan, empat unit H215 kembali akan datang menambah kekuatan Bundespolizei. Heli-heli baru ini rencananya akan dioperasikan secara penuh mulai tahun 2020 di Komando Pusat Kedaruratan Maritim (CCME).

Kepala Dukungan Udara Kepolisian Jerman Thomas Helbig menyatakan, H215 memiliki performa yang bagus. Di antaranya terkait kecepatan, kemampuan jarak jangkau yang jauh, dan kesiapan/ketersediaan penggunaanya.

“Kami merupakan pengguna lama Super Puma buatan Airbus. Kini akan berlanjut menggunakan H215 Super Puma yang lebih modern dengan kokpit digital serta kendali empat sumbu otopilot,” kata Helbig sebagaimana dikutip dari laman Airbus.

Sementara Wakil Presiden Eksekutif Airbus Helicopters untuk Helikopter Ringan dan Program Pemerintah, Wolfgang Schoder menyatakan, hubungan antara Airbus Helicopters dengan Bundespolizei sudah terjadi lima dekade melalui penggunaan Alouette II.

“Kami senang bisa melanjutkan kemitraan dan kepercayaan dari Bundespolizei terhadap produk Super Puma kami untuk melayani misi-misi kemaritiman dan kepolisian,” ujar Schoder.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *