Skadron Tempur Pemukul “Argonauts” Lewati Tahapan Kualifikasi Operasi di USS Carl Vinson

ArgonautsUS Navy

ANGKASAREVIEW.COM – Skadron Tempur Pemukul VFA 147 “Argonauts” berhasil melewati tahapan kualifikasi operasi di kapal induk nuklir Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS/US Navy) USS Carl Vinson(CVN 70). AL AS mengumumkan hal ini pada 12 Desember lalu.

Kualifikasi operasi di kapal induk merupakan tahapan akhir bagi sebuah unsur grup pemukul yang akan bergabung dalam Commander Joint Strike Fighter Wing (CJSFW).

Dengan melewati tahapan ini, skadron tempur pemukul mendapatkan sertifikasi keselamatan untuk melaksanakan misi dari kapal induk (SFFOC).

Tahapan kualifikasi operasi dijalani “Argonauts” terkait pergantian armada yang digunakan dari sebelumnya F/A-18E Super Hornetmenjadi F-35C Lightning II.

Argonauts

“Argonauts” akan menggantikan Skadron Tempur Pemukul VFA-125 “Rough Raiders” yang melaksanakan tugas sementara sebelum “Argonauts” berdinas di USS Carl Vinson.

F-35C menjadi pesawat pesawat pertama dari jet tempur generasi kelima yang beroperasi di kapal induk. Tahun depan, AL AS akan mengumumkan kemampuan operasional awal (initial operating capability/IOC) F-35C.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!