Filipina Segera Proses Pembelian 16 Heli Black Hawk dan 8 T-129 ATAK

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara Filipina (PAF) telah merekomendasikan Departemen Pertahanan Filipina untuk membeli helikopter multiguna Black Hawk dari Amerika Serikat dan helikopter serang T129 ATAK dari Turki.

Sektretaris Pertahanan Filipinan Delfin Lorenzana sebagaimana dikutip The Manila Times (10/12) menyatakan, grup kerja teknik (TWG) PAF telah menyampaikan rekomendasi kepada Dephan Filipina bahwa helikopter Black Hawk buatan Sikorsky adalah pilihan terbaik untuk dibeli.

Black Hawk adalah opsi terbaik. Maka dari itu kami akan memproses pembeliannya,” kata Lorenzana di Makati City.

Dijadwalkan, kontrak untuk pembelian ini akan dilaksanakan pada awal tahun depan.

Selain Black Hawk, TWG juga merekomendasikan helikopter serang T129 ATAK buatan Turki yang bekerja sama dengan Italia.

Berpijak dari situ, Manila pun telah mengalokasikan anggaran 240 juta dolar AS untuk pembelian sekira 16 unit Black Hawk dan delapan T129.

Penganggaran pembelian alutsista ini merupakan bagian dari program jangka pendek Air Force Strategy Management Office (AFSMO) 2028.

TurkiTAI

PAF memilih membeli T-129 ATAK karena selain bisa berfungsi sebagai heli intai dan heli tempur, T-129 juga tergolong heli tempur canggih.

Persenjataan yang bisa diusung T-129 ATAK di antaranya kanon 20 mm untuk menggempur target jarak dekat, roket 70 mm dan 76 mm, rudal pemandu laser CIRIT 70 mm, AIM-9 Sidewinder, AIM-92 Stinger, rudal jarak jauh udara ke darat UMTAS, AGM-114 Hellfire, dan lainnya.

Selain itu, sistem operasional tempur heli berkursi ganda T129 ATAK juga sudah terintegrasi dengan standar NATO. Sehingga, memudahkan untuk mendapatkan persenjataan dari berbagai negara.

A Winardi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *