Tidak Hanya Siap Tempur, F-35A Juga Siap Tampil Sebagai Tim Aerobatik

F-35AUSAF

ANGKASAREVIEW.COM – Jet-jet tempur siluman generasi kelima F-35A Lightning II dalam operasionalnya bukan hanya untuk melaksanakan misi tempur, melainkan juga siap melaksanakan atraksi udara dalam sebuah tim aerobatik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Dalam waktu dekat, satuan F-35 Heritage Flight Team USAF sedang menyiapkan atraksi udara bagi sejumlah F-35 yang untuk tampil di ajang Airshow 2019 yang berlangsung di AS.

Tim yang akan menampilkan aerobatik udara menggunakan F-35 sudah dibentuk dan dinamai F-35 Demontration Team. Tim ini berada di bawah naungan 56th Fighter Wing Public Affairs.

Mengutip The Aviationist, Komandan F-35 Demonstration Team Kapten Penerbang Andrew “Dojo” Olson, tim aerobatiknya sudah berlatih berbagai manuver untuk disuguhkan dalam Airshow 2019.

Jenis manuver aerobatik itu antara lain atraksi dalam kecepatan ekstrem, terbang rendah, manuver high-g turningvertical climbs, high angle of attack, dan lainnya.

Selain menampilkan beragam manuver, flight F-35 juga akan terbang bersama pesawat-pesawat tempur di era Perang Dunia II dan pesawat-pesawat tempur tua lainnya.

F-35AUSAF

Demi persiapan terbang aerobatiknya, pilot-pilot F-35 Demonstration Team secara rutin telah melakukan latihan di Olson, Fort Worth, Texas.

Tidak hanya F-35 dari Demonstration Team yang dilibatkan dalam latihan terbang aerobatik, sejumlah F-35 dari Luke AFB juga dilibatkan demi mengasah kemampuan terbang tempur dan menambah jam terbang para pilotnya.

Setelah menjalani latihan rutin di Olson, USAF akan memilih 12 pilot yang akan tampil dalam Airshow 2019 tersebut.

A Winardi

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!