Digenapi 737 MAX 8 Xiamen Airlines, Boeing Sudah Serahkan 2.000 Pesawat ke China

Boeing 737 MAX 8Via Business Traveller

ANGKASAREVIEW.COM – Boeing tercatat sudah menyerahkan 2.000 unit pesawat kepada sejumlah operator di China. Pesawat komersial mutakhir B737 MAX 8 untuk Xiamen Airlines menjadi pesawat yang menggenapi jumlah 2.000 pesawat yang diproduksi Boeing atas pesanan dari China. Penyerahan pesawat dilaksanakan di Seattle, Amerika Serikat pada Jumat, 30 November 2018.

Dikutip dari laman Boeing, pabrik pesawat sipil terbesar di Amerika Serikat ini pertama kali menyerahkan pesawat pesanan ke-1.000 dari China pada empat dekade lalu. Sedangkan 1.000 unit pesawat berikutnya dikirimkan hanya dalam tempo lima tahun kemudian.

Penggunaan pesawat Boeing dalam jumlah yang besar di China, diperoleh melalui pembelian langsung oleh para operator maupu sewa dari pihak ketiga.

Boeing Senior Vice President of Commercial Sales & Marketing Ihssane Mounir menyatakan kebanggaannya dapat meyerahkan pesawat dalam hubungan kemitraan yang erat dengan pengguna di China.

“Hubungan industrial jangka panjang kami di pasar ini telah saling menguntungkan, mendorong pertumbuhan signifikan dalam bisnis Boeing, ekonomi AS, dan industri penerbangan China,” ujar Mounir.

Ia juga menyatakan berterima kasih atas kepercayaan dan keyakinan dari pelanggan hebat seperti Xiamen Airlines. “Tim kami fokus untuk mendukung mereka dengan merancang dan memberikan pesawat dan layanan terbaik di industri ini,” tambahnya.

B737 MAX 8Business Traveller

Sementara itu, Xiamen Airlines Chairman Che Shanglun mengaku pihaknya merasa terhormat sebagai bagian dari penyerahan pesawat bersejarah antara pabrik Boeing dan China.

“Dalam sejarah operasi 34 tahun kami, Xiamen Airlines telah tumbuh dengan mantap, melipatgandakan jumlah armada kami selama lima tahun terakhir dan meraih laba selama 31 tahun berturut-turut. Sepanjang waktu itu, Boeing telah menjadi mitra yang berharga dalam pertumbuhan dan ekspansi kami dengan menyediakan pesawat-pesawat yang aman dan andal,” kata Shanglun.

Boeing 737 MAX 8 yang diserahkan Boeing kepada Xiamen Airlines kali ini diberi logo khusus menandai 2.000 pesawat yang dibuat Boeing untuk China. Xiamen Airlines sendiri merupakan maskapai pengguna pesawat Boeing terbanyak di China dengan lebih 200 unit pesawat jet termasuk Boeing 787 Dreamliner.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!