Changan Automobile Tawarkan SUV CS95 dengan RCWS

SUVsina.com

ANGKASAREVIEW.COM – Untuk pertama kalinya pabrik otomotif terbesar nomor tiga dari China, Changan Automobile, menampilkan kendaraan jenis SUV (sport utility vehicle) CS95 yang dilengkapi kubah senjata pada pameran kedirgantaraan dua tahunan Airshow China 2018 pada 6-11 November lalu.

Sobat AR, pemasangan sistem senjata stasiun kendali jarak jauh (RCWS) pada SUV CS95 bukanlah yang pertama kali. Adalah VW Touareg SUV yang pertama dikembangkan di Jerman tahun 2008. Namun sayang, Touareg SUV tak masuk jalur produksi.

Selanjutnya hadir dari Rumania, pabrikan otomotif Dacia melansir SUV bersenjata berdasar Duster 4X4 tahun 2013 untuk militer Rumania. Pengembangannya melibatkan perusahaan RomTurungia dan Uzina Mecanica Bucuresti. Duster dilengkapi RCWS Agil bersenjatakan senapan mesin 7,62 mm.

Kembali ke Changan CS95, dikutip dari majalah iptek online popularmechanics.com, CS95 SUV mengusung RCWS bersenjatakan senapan mesin buatan lokal QJC-88 kaliber 12,7 mm. Senjata ini memiliki tingkat tembakan 550-600 peluru per menit dengan jangkauan efektif maksimum sekitar 1.5 km.

Pada stasiun senjata terlihat sensor elektro-optik pada sisi kanan dan boks munisi berada di bagian kiri. Operator senjata duduk di bangku baris ke-2 dengan kontrol panel ditempatkan tepat di belakang tempak duduk pengemudi dan komandan.

SUVsina.com

Untuk basis kendaraannya sendiri, CS95 SUV mulai diperkenalkan tahun 2016. Kendaraan ini ditenagai mesin bensin JL486ZQ3 kapasitas 2.000 cc berdaya 229 ps. CS95 SUV berpenggerak 4X4 (AWD) ini dilengkapi transmisi otomatis 6 percepatan dan bisa dikebut hingga 160 km/jam.

CS95 SUV memiliki dimensi panjang total 4,94 m, lebar 1,93 m, dan tinggi 1,78 m. Kapasitas penumpang tersedia versi 5 dan 7 orang. Untuk versi bersenjata, CS95 hanya diawaki maksimum empat orang prajurit dan muatan serbaguna termasuk munisi cadangan ditempatkan di bagasi belakang.

Sobat AR, sayangnya tak ada informasi mengenai proteksi tambahan termasuk penggunaan kaca antipeluru pada CS95. Sepertinya CS95 RCWS diperuntukkan sebagai kendaraan keamanan bagi satuan kepolisian dan penegak hukum berbiaya murah dibanding rantis khusus lapis baja.

Rangga Baswara Sawiyya

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!