Jamaika Operasikan Pesawat Patroli Maritim King Air 350 WR dan 2 Bell 429

King Air 350Jamaica Defence Force

ANGKASAREVIEW.COMĀ – Pasukan Pertahanan Jamaika (Jamaica Defence Force – JDF) meresmikan pengoperasian pesawat patroli maritim Beechcraft King Air 350 WR dan dua helikopter Bell 429 ke dalam jajaran dinasnya.

Peresmian dilaksanakan di Wing Udara Manley Base, Bandara Internasional Norman Manley, Kingston, Jamaika pada 14 November lalu.

Dikutip dari pemberitaan Flightglobal (27/11), pengoperasian ketiga pesawat merupakan bagian dari upaya Jamaika menambah perkuatan Komando Siber dan Udara Maritim JDF.

Perdana Menteri Jamaika Andrew Holness menyebut, pengoperaisan tiga pesawat yang disertai fasilitas hanggar baru ini, merupakan investasi tersbesar di bidang keamanan yang pernah dilakukan pemerintah Jamaika selama ini.

King Air 350 WRJamaica Defence Force

Ketiga pesawat, selain akan digunakan untuk misi operasi SAR dan juga tugas-tugas kepolisian, utamanya akan difungsikan guna menyetop praktik penyelundupan senjata ilegal, obat-obatan terlarang, dan pencurian ikan di wilayah perairan negara.

Dengan pesawat tersebut, Jamaika juga bisa membagi informasi kepada negara-negara sekitar di kawasan Laut Karibia.

Bell 429Jamaica Defence Force

Sebelum dioperasikan, pesawat King Air 350 WR terlebih dahulu menjalani modifikasi di Sierra Negada Corporation (SNC). Pesawat diberi kelengkapan perangkat baru ISR (intelligence, surveillance and reconnaissance) dengan taksiran biaya sekira 16,9 juta dolar AS. SNC menyebut pesawat yang telah dimodifikasinya ini dengan nama SNC Scorpion.

Sementara heli Bell 429 yang ketiga, direncanakan menyusul akan diserahkan pihak Bell kepada Jamaika.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *