Sun. Jul 21st, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Jadi Pengguna Pertama, TAP Air Portugal Terima A330neo dari Airbus

2 min read
A330neoAirbus

ANGKASAREVIEW.COM – Maskapai TAP Air Portugal menerima A330neo pertama sekaligus menjadi pengguna pertama (launch customer) pesawat lorong ganda generasi terbaru buatan Airbus ini.

Pesawat yang dikenal dengan sebutan A330neo ini memiliki konfigurasi 298 kursi dalam tiga kelas yang nyaman. Yaitu, 34 kursi kelas bisnis full-flat, 96 kursi kelas ekonomi plus, dan 168 kursi kelas ekonomi.

Kabin bernama “Airspace by Airbus” memberikan kenyamanan kepada penumpang karena menawarkan ruang yang lapang, kompartemen di atas kursi yang lebih luas, penerangan yang canggih, dan sistem hiburan serta konektivitas terkini.

TAP Air Portugal akan menggunakan A330neo untuk melayani rute penerbangan yang menghubungkan Portugal dengan Amerika dan Afrika. Maskapai asal Portugal ini akan menerima hingga 20 unit A330-900 di tahun-tahun mendatang.

A330-900 pertama TAP Air Portugal merupakan pesawat sewaan dari perusahaan leasing Avolon.

CEO TAP Air Portugal Antonoaldo Neves dalam upacara penyerahan pesawat pada 26 November 2018 di Toulouse, Perancis menyatakan kegembiraannya dan menyambut  baik Airbus A330-900 pertama ke dalam jajaran armada maskapainya.

Operasional pesawat ini yang begitu ekonomis dan efisien, ujarnya, akan mendorong bisnis maskapai yang dipimpinnya ke depan.

“A330neo akan memberikan kami keleluasaan operasional karena memiliki banyak kesamaan dengan armada Airbus yang telah beroperasi bersama kami,” jelasnya sebagaimana dikutip dalam siaran pers Airbus yang diterima Angkasa Review hari ini.

Sementara itu, Presiden Pesawat Komersial Airbus Guillaume Faury pada kesempatan yang sama menyatakan, penyerahan A330neo kepada pelanggan setia Aribus, TAP Air Portugal, merupakan pencapaian yang penting bagi Airbus.

“Melalui inovasi yang berkelanjutan, A330neo, pesawat lorong ganda terbaru kami, akan memberikan kualitas dan efisiensi maksimal bagi para maskapai, juga kenyamanan lebih bagi para penumpang. Pencapaian ini membawa kami satu langkah lebih dekat menuju visi Airbus untuk menciptakan industri penerbangan yang berkelanjutan,” jelasnya.

A330neoAirbus

Airbus menyatakan, A330neo merupakan pesawat generasi baru yang dibuat untuk melanjutkan kesuksesan A330 dengan memanfaatkan teknologi A350 XWB.

Pesawat ini memadukan mesin generasi terbaru Rolls-Royce Trent 7000 yang sangat efisien dengan sayap besar yang dioptimalkan secara tiga dimensi. A330neo dilengkapi sharklet baru untuk kinerja aerodinamika terbaik. Seluruh penyempurnaan ini menghasilkan penghematan konsumsi bahan bakar yang signifikan hingga 25 persen jika dibandingkan dengan pesawat kompetitor generasi sebelumnya yang berukuran sama.

Saat ini, TAP Air Portugal mengoperasikan 72 pesawat buatan Airbus. Terdiri dari 18 A330, 4 A340, dan 50 keluarga A320.

Armada pesawat lorong tunggal yang dioperasikan TAP Air Portugal mencakup 22 A319ceo, 21 A320ceo, 4 A321ceo, 1 A320neo, dan 2 A321neo yang diserahkan baru-baru ini.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *