Perkenalkan Mi-171A2 dan Ansat di U-Tapao, Russian Helicopters Juga Bantu Bangun MRO di Thailand

Mi-171A2Russian Helicopters

ANGKASAREVIEW.COM – Tur Asia Tenggara yang dilaksanakan oleh Russian Helicopters (bagian dari Rostec State Corporation) saat ini telah sampai di Negeri Gajah Putih, Thailand. Seperti kedatangan mereka sebelumnya di Vietnam dan Kamboja, di Thailand produsen helikopter Rusia ini juga memeragakan penampilan dinamik dua helikopter terbaru mereka, Mi-171A2 dan Ansat. Kegiatan dilaksanakan di Pangkalan Udara U-Tapao mulai Senin, (26/11/2018).

Selama penyeleggaraan kegiatan, pihak Russian Helicopters memaparkan keunggulan-keunggulan dari Mi-171A2 dan Ansat. Termasuk juga soal sistem layanan purnajual kedua helikopter ini bagi para operator helikopter di Thailand.

Direktur Umum Russian Helicopters Holding Company Andrey Boginsky menyatakan, pihaknya terus berupaya membangun perkuatan hubungan bisnis dengan para operator komersial maupun operator negara di Thailand.

Ia juga menerangkan bahwa pada akhir tahun ini Russian Helicopters akan mengirimkan unit pertama helikopter medium multiguna Ka-32A11BC kepada Thailand.

“Pengiriman pertama helikopter Ka-32A11BC kepada negeri ini (Thailand) akan dilaksanakan pada akhir tahun ini. Pada kesempatan ini, operator-operator potensial juga menunjukkan ketertarikan pada helikopter Ansat dan Mi-8/17 berbagai varian,” ujar Boginsky sebagaimana dikutip dalam siaran pers Russian Helicopters yang diterima Angkasa Review hari ini.

Terkait hal itu, lanjut Boginsky, adalah tepat waktunya bagi Russian Helicopters untuk juga memperkenalkan heli Mi-171A2 dan Ansat kepada Thailand.

Operator-operator helikopter di kawasan Asia Tenggara, tegasnya, menaruh ketertarikan pada helikopter-helikopter buatan Rusia. Salah satu contohnya adalah bahwa Thailand telah sukses mengoperasikan helikopter multiguna kelas medium Mi-17V-5.

Senada dengan Boginsky, Direktur Industri Kelompok Penerbangan Rostec Anatoly Serdyukov menyambut baik kemitraan strategis yang dibangun oleh Russian Helicopters dengan mitra-mitranya di kawasan Asia Tenggara.

Airshow ChinaRussian Helicopters

“Industri helikopter adalah satu dari sekian sektor yang prospektif dari kemitraan yang dibangun. Melalui sejumlah kegiatan seperti Tur Asia Tenggara ini, selain kami bermaksud menunjukkan manfaat-manfaat dari helikopter kami ini, kami juga berupaya untuk meningkatkan perkuatan hubungan di kawasan ini,” ujar Serdyukov.

Pada Februari 2018 lalu, dalam pelaksanaan Singapore Airshow, Russian Helicopters dan Datagate Co. Ltd dari Thailand telah menandatangani Nota Niat (Memorandum of Intent – MoI). Di dalam dokumen tersebut dijelaskan, Russian Helicopters akan membantu pembangunan pusat layanan perawatan (MRO Center) bagi helikopter-helikopter buatan Rusia.

MRO Helikopter Rusia yang sedang dibangun di Thailand ini akan melayani berbagai kebutuhan perawatan, perbaikan, hingga penggantian suku cadang helikopter-helikopter buatan Rusia.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!