China Kembangkan Drone Helikopter Supercepat ZHZ TD15

DroneFlightglobal

ANGKASAREVIEW.COM – Tak hanya melaju dalam pengembangan drone sayap tetap, Negeri Panda China juga sangat agresif dalam pengembangan drone VTOL berkecepatan tinggi. Dalam pelaksanaan Airshow China 2018  lalu (6-11 November) selain drone CH-10 Tilt Rotor buatan CASC, hadir pula drone helikopter kecepatan tinggi buatan Beijing Zhonghangzi Technology (ZHZ).

Sobat AR, dalam pameran drone TD15 ditampilkan dalam wujud skala 1:4. Berdasar foto dan informasi yang dimuat situs FlightGlobal, yang menarik dari drone TD15 adalah tampilan dan dimensinya yang sangat mirip dengan helikopter super cepat S-97 Raider rancangan Sikorsky.

Drone TD15 dilengkapi rotor utama model tumpuk (coaxial) yang menganut sistem berputar lawan arah (contra rotary) serta rotor ekor model pendorong (pusher) dengan bilah baling-baling mengarah ke belakang. Untuk mempertahankan sisi aerodinamisnya, perangkat kaki pendarat tanpa roda TD15 dapat dimasukkan ke dalam tubuh.

ZHZ mengembangkan TD15 sebagai drone helikopter medium-ringan berkecepatan tinggi yang dapat melaju maksimum hingga 450 km/jam. Sementara kapasitas angkut hingga 350 kg dapat membawa beragam muatan termasuk peralatan intai.

Drone TD15 dapat ditugaskan untuk menjalankan beragam misi. Mulai dari wahana sipil untuk peran pencarian & penyelamatan (SAR), pemantauan kerusuhan, hingga patroli perbatasan. Sementara untuk dinas militer, TD15 bisa dimanfaatkan sebagai drone intai di medan perang, drone serang darat, juga sebagai wahana pemburu kapal selam dan kapal permukaan.

DroneFlightglobal

ZHZ mengklaim TD15 bisa beroperasi dari wilayah daratan di ketinggian 5.000 meter dan mampu terbang menghadapi hembusan angin dengan kecepatan 20 m/detik. TD15 digadang-gadang mampu terbang hingga ketinggian maksimum 6.500 m dengan jangkauan operasi 1.200 km atau terbang selama 3,5 jam.

Sobat AR, kehadiran TD15 sendiri bisa menjadi pesaing Sikorsky S-97 Raider yang juga akan dikembangkan dalam versi tanpa awak. Namun, dengan belum datangnya pesanan resmi dari militer AS, bukan tidak mungkin langkah dan upaya Sikorsky tersebut bisa tersalip oleh heli super cepat TD15 garapan ZHZ.

Rangga Baswara Sawiyya

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!