Tandingi F-35, Jet Siluman Su-57 Rusia Lakukan Debut Tempur di Suriah

Su-57UAC Russia

ANGKASAREVIEW.COM – Rasa penasaran dunia kedirgantaraan terkait hadirnya jet tempur siluman  Su-57 Rusia di medan tempur akhirnya terjawab. Pasalnya, pada 19 November 2018 lalu Kementerian Pertahanan Rusia akhirnya menayangkan video yang merekam debut Su-57 di medan tempur Suriah.

Target yang digempur adalah pangkalan-pangkalan militer yang dioperasikan oleh ISIS.

Sebagai misi tempur untuk pertama kalinya, Su-57 tidak hanya melaksanakan serangan udara terhadap targetnya. Melainkan juga sekaligus melakukan uji coba terhadap semua perangkat teknologi tempur canggihnya.

Dikutip dari Business Insider, Kementerian Pertahanan Rusia memang tidak menyebutkan berapa Su-57 yang dioperasikan untuk melaksanakan misi tempur di Suriah. Namun sedikitnya diketahui Su-57 telah melaksanakan misi hingga sepuluh sorti.

Jet multifungsi Su-57 diklaim Angkatan Udara Rusia memiliki keunggulan yang sulit ditandingi oleh jet-jet tempur siluman Amerika Serikat. KSAU Rusia Jenderal Viktor Bondarev bahkan mengatakan Su-57 juga dikenal sebagai pesawat yang sangat efisien.

Dengan hadirnya Su-57 di Suriah, secara psikologis Rusia menunjukkan bahwa pihaknya tidak merasa inferior lagi dan tidak  merasa ‘dikalahkan’ oleh kiprah siluman F-35 AS yang  telah lebih dahulu terjun di medan perang.

Selain itu, AU Israel yang berencana akan menggunakan F-35 untuk menggempur Suriah juga harus berpikir ulang karena sudah hadir lawan yang sebanding. Dunia internasional tampaknya sangat menunggu ‘atraksi’ dua jagoan udara termutakhir dari dua blok yang berseteru, Barat dan Timur.

A Winardi

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!