Fri. May 24th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Puas pada Ketangguhan Strike Eagle, Israel Putuskan Beli F-15IA

1 min read
F-15USAF

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Pertahanan/Angkatan Udara Israel (IDF/IAF) menilai jet tempur F-15E Strike Eagle sebagai penempur yang tangguh dan dapat diandalkan. Oleh karenanya, Israel memutuskan untuk membeli klan tercanggih dari pesawat tersebut yaitu F-15IA (Israeli Advanced).

Keputusan Tel Aviv membeli F-15IA bukan dimaksudkan untuk menggantikan peran F-35A yang sudah dibeli. Pesawat generasi keempat ++ F-15IA bahkan akan digunakan untuk menjadi pelengkap jet tempur siluman Lightning II yang telah dimiliki Israel sebanyak dua skadron.

Mengutip dari Ynetnews (19/11), pesawat pertama F-15IA akan diterima IAF secepatnya tahun 2023. Dibandingkan F-15I yang telah dimiliki sebelumnya, F-15IA disebut lebih canggih, lebih efisien, dan mampu membawa muatan senjata sebanyak 13 ton.

Israel menerima F-15I pertama tahun 1998 dan menggunakannya setahun kemudian untuk misi tempur di Lebanon.

Pada 2007, empat F-15I sukses menghancurkan reaktor nuklir Suriah dalam misi tempur bersandi Operation Outside the Box.

F-15E

Untuk peran pertempuran udara, F-15IA disebut mampu membawa 11 rudal termasuk rudal-rudal buatan dalam negeri Israel. Sedangkan untuk misi serangan darat, jet tempur ini mampu membawa 28 buah bom pintar.

F-15E diproduksi oleh pabrik Boeing, Amerika Serikat. Serial tercanggih keluarga Strike Eagle ini juga dibuat Boeing untuk Angkatan Udara Qatar, Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *