Fri. May 17th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Gebrak Langit Hanoi, Duo Mi-171A2 dan Ansat Unjuk Kebolehan di Vietnam

2 min read
Russian HelicoptersRussian Helicopters

ANGKASAREVIEW.COM – Duo helikopter Mi-171A2 dan Ansat berkolaborasi menggebrak publik Vietnam di Gia Lam Airport, Hanoi. Melalui atraksi dinamisnya, kedua helikopter yang diproduksi di Kazan Helicopters Plant, Rusia ini mampu menunjukkan performa terbaikya.

Pertunjukan terbang dinamis dihadiri oleh operator-operator utama helikopter Vietnam. Dalam kesempatan tersebut Pihak Russian Helicopters (bagian dari Rostec State Corporation) memaparkan berbagai keunggulan dari heli Mi-171A2 dan Ansat. Termasuk di dalamnya adalah soal layanan purnajual dan skema pembiayaan keuangan untuk pembeliannya.

CEO Russian Helicopters sebagaimana dikutip dari siaran pers Russian Helicopters yang diterima Angkasa Review hari ini mengatakan, di Vietnam saat ini terdapat lebih 80 unit helikopter buatan Rusia yang beroperasi. Dari jumlah tersebut, lanjutnya, sebagain besar adalah helikopter militer.

“Salah satu tujuan kami hadir di Hanoi ini, adalah untuk memperkenalkan model helikopter sipil terbaru kami yang akan dicari di Vietnam di tahun-tahun mendatang,” ujar Boginsky, Jumat (16/11).

Ia juga menggarisbawahi bahwa pasar helikopter sipil di Asia Tenggara telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil dalam beberapa tahun terakhir. “Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk memperluas kehadiran kami di sini,” ungkapnya.

Russian Helicopters

Helikopter Ansat merupakan jenis helikopter ringan multiguna bermesin ganda. Heli berkapasitas tujuh penumpang ini dapat dioperasikan di daerah-daerah dataran tinggi (pegunungan) hingga ketinggian 3.500 meter.

Sementara Mi-171A2 merupakan produk modifikasi terbaru dari heli Mi-8/17/171 dengan dua mesin Klimov VK-2500PS-03 bersistem kontrol digital. Rotornya berbahan komposit dan mengadopsi bentuk-X antitorsi yang sangat efisien.

Dibandingkan versi terdahulu yaitu Mi-8/17, Mi-171A2 memiliki kemampuan terbang 10% lebih tinggi dan berkapasitas muatan 25% lebih banyak. Heli yang dilengkapi perangkat glass cockpit KBO-17 ini dapat dioperasikan siang maupu malam hari pada kondisi cuaca bersuhu ekstrem dan berkelembaban tinggi.

Tersedia pula versi VIP dari Mi-171A2 yang didesain dapat memberikan kenyamanan terbang sangat tinggi bagi para penumpangnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *