PT Lundin Kembangkan Drone Intai Berkemampuan STOVL

Drone STOVLRangga Baswara Sawiyya

ANGKASAREVIEW.COM – Tak hanya spesial dalam pembuatan wahana air, PT Lundin Industry Invest atau dikenal juga sebagai North Sea Boats melalui anak usaha barunya North Sea Drones (NSD) juga mulai menawarkan wahana tanpa awak (drone) berkemampuan STOVL (short take-off and vertical landing). Pertama kali ditampilkan dalam pameran pertahanan Indo Defence 2018 yang baru saja berlalu.

Sobat AR, bekerja sama dengan tim perancang pesawat tanpa awak asal Swedia, NSD mengembangkan drone unik yang mengawinkan mesin jet ringan dan mesin propeler. Mesin turbin mini digunakan untuk proses terbang jelajah dengan kecepatan tinggi sedang mesin propeler digunakan untuk mendarat bak helikopter.

Drone STOVLRangga Baswara Sawiyya

Mesin jet mungil tersimpan di tengah badan yang bisa diputar untuk daya bantu angkat dan mendarat . Sedangkan tiga mesin propeler tersimpan (tersembunyi) dalam badan, masing-masing di sisi ujung sayap dan sebuah di bagian depan. Selama penerbangan jelajah mesin propeler akan tertutup oleh palka.

Mengenai spesifikasinya, drone STOVL memiliki dimensi panjang 200 cm dan lebar 200 cm. Kapasitas bahan bakar bawaan untuk menggerakkan mesin jet mini sebanyak 12 liter, sedangkan ketiga mesin propeler digerakkan tenaga baterai. Drone berbadan tipis ini memiliki MTOW (maximum take-off weight) 25 kg dengan muatan untuk peralatan intai hingga 1,5 kg.

Drone STOVLRangga Baswara Sawiyya

Mesin jet mini drone STOVL memiliki kekuatan dorong 160-180 kN, mampu melarikan pesawat dengan kecepatan jelajah 250 km/jam dan maksimum hingga 350 km/jam dengan radius operasi mencapai 50 km. Dibutuhkan waktu kisaran dua menit hovering (melayang) dalam proses pendaratan.

Sobat AR, NSD menawarkan drone STOVL-nya untuk dapat digunakan oleh trimatra TNI. Selain bisa dioperasikan prajurit berbasis darat juga dapat dioperasikan dari geladak kapal kecil jenis patroli maupun korvet milik Angkatan Laut. Selain drone intai, NSD juga menawarkan jenis target drone yang desainnya serupa, ditenagai sebuah mesin jet mini di buritan tapi tak dilengkapi mesin propeler.

Rangga Baswara Sawiyya

Disclaimer: Banyak blog atau grup-grup di Facebook melakukan Copy-Paste tulisan dari Angkasa Review tanpa menyebutkan sumber tulisan atau menyertakan link-nya. Seolah-olah membuat tulisan sendiri dan hanya mengganti fotonya saja. Demi menghormati karya orang lain, mari kita budayakan untuk menyertakan sumber dari mana tulisan disadur atau dikutip. Terima kasih 

Bagikan ini :

One Response to PT Lundin Kembangkan Drone Intai Berkemampuan STOVL

  1. made sujana berkata:

    Berharap besar PT lundin terus meriset dan mengembangkan drone canggih dan berkecepatan tinggi dan janggkuan sejauh mmungkin, mungkin seluas wilayah indonesia dan bisa mengangkat berat setidaknya senjata yg bisa ditembakkan dan kamera canggih yg bisa menembus sasaran yg bersembunyi di balik pelindung apa itu pohon, seperti di hutan, apa itu dalam ruangan dsb dan juga berkualifikasi siluman serta durasi terbang kalau bisa 24 jam. Semoga menjadi kenyataan. Tuhan memberkati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!