Tampil Perdana, Komodo Pindad Berkubah Senjata CPWS Gen.2

PindadRangga Baswara Sawiyya

ANGKASAREVIEW.COM – Melengkapi varian Komodo 4X4 sebelumnya seperti versi APC, intai dan pengusung rudal Mistral, Pindad kembali melahirkan varian baru yakni versi pengusung kanon 25/30 mm. Sang reptil baja pengusung kubah senjata (turet) CPWS Gen.2 ini tampil di halaman luar pameran Indo Defence 2018 JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 7-10 November 2018.

Sobat AR, Komodo terlihat gagah dan semakin sangar dengan kubah senjata multiperan CPWS (Cockerill Protected Weapon Station) buatan CMI Defence, Belgia. Kubah senjata Gen.2 ini baru saja diluncurkan pada pameran senjata Eurosatory pada Juni 2018 lalu. Sedangkan kubah senjata Gen.1 lahir tahun 2012 dan dipamerkan di Eurosatory 2012 dengan dipasangkan pada ranpur intai kawal Panhard CRAB (kini Arquus CRAB).

Kubah senjata kendali jarak jauh (RCWS) buatan CMI ini memiliki keunggulan karena bobotnya yang ringan. Sehingga, bisa dipasangkan ke berbagai ranpur roda ban atau rantai.

PindadRangga Baswara Sawiyya

Selain itu CPWS Gen. 2 juga memiliki fleksibelitas dalam pemilihan senjata, bisa berupa kanon M242 25mm atau M230LF 30mm dengan 150 butir peluru. CPWS Gen.2 juga dapat membawa rudal antitank. Kelebihan lainnya adalah opsional berupa kubah dengan palka (hatch) atau non palka.

CPWS Gen.2 memiliki sistem penginderaan yang mumpuni. Dilengkapi dual mode high performance stabilised sight. Sistem ini menghadirkan pandangan visual 360 derajat yang pastinya meningkatkan kesadaran situasiuonal lingkungan yang lebih baik untuk awaknya. Lalu, sistem penembakannya terhubung langsung dengan komputer balistik. Tersedia laser range finder dan kamera termal untuk meningkatkan akurasi penembakannya.

PindadRangga Baswara Sawiyya

Sobat AR, Komodo dengan CPWS Gen.2 berkanon 25/30 mm memiliki daya gebuk yang kuat untuk membabat beragam sasaran darat. Selain cocok digunakan sebagai wahana patroli, dapat juga diandalkan dalam misi pengawalan dan peran intai. Selain itu Komodo CPWS Gen.2 bisa menjadi kendaraan pilihan buat pasukan penjaga perdamaian TNI (Konga) untuk digunakan di wilayah konflik di luar negeri.

Mengenai spek Komodo pengusung CPWS Gen. 2, sang reptil baja ini digerakkan mesin diesel berdaya 215 ps. Dapat berlari hingga 80 km/jam dengan jangkauan operasi mencapai 450 km. Varian Komodo CPWS Gen.2 cukup diawaki 2-3 orang prajurit saja yang duduk aman dalam kabin. Kendaraan ini juga  tahan terhadap tumbukan peluru senapan serbu kaliber 5,56 atau 7,62 mm.

Rangga Baswara Sawiyya

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!