Korps Marinir Belanda Segera Dapatkan Rantis DMV Anaconda 4X4

Rantisdeba-trucks.com

ANGKASAREVIEW.COM – Dikabarkan Korps Marinir AL Belanda akan segera menerima 36 kendaraan militer taktis (rantis) baru DMV Anaconda 4X4 pada awal 2019 mendatang. Pengumuman ini disiarkan bersamaan dengan peluncuran purwarupa rantis Anaconda 4×4 buatan DMV (Deba Military Vehicle) ke hadapan perwakilan Kementerian Pertahanan Belanda pada 2 November 2018 lalu.

Sobat AR, DMV mengembangkan Anaconda menggunakan basis kendaraan Iveco M70.20WM LUV (light utility vehicle) yang tak lain adalah versi militer dari kendaraan komersial Iveco Daily berpenggerak 4X4. Ini sangat beralasan, dikarenakan induk DMV yakni Deba Bedrijfswagens B.V adalah dealer utama untuk merk Iveco dan Fiat di Belanda yang berdiri sejak 1980.

DMV sendiri memenangi tender pembuatan rantis baru pengganti rantis patroli Mercedes Benz G-class pada Agustus 2018. Selanjutnya dalam pengembangan purwarupa Anaconda, DMV membuatnya berdasarkan persyaratan (spesifikasi) yang dikeluarkan oleh Komando Angkatan Laut Kerajaan Belanda (CZSK) dan Organisasi Material Pertahanan (DMO).

Anaconda digerakkan menggunakan mesin diesel berdaya 180 hp dan dilengkapi gearbox otomatis. Kendaraan dapat melaju maksimum pada jalan datar hingga 110 km/jam dengan jangkauan operasi hingga 600 km. Anaconda dapat mengatasi tanjakan hingga  60 persen dan kemiringan 30 persen. Mengarungi parit kedalaman 50 cm dan rintangan tegak 50 cm.

Sebagai wahana patroli, Anaconda dapat dimuati hingga lima prajurit dan beragam perbekalan kisaran 3,6 ton bisa diangkutnya.

Rantisdeba-trucks.com

Sebanyak dua Anaconda masing-masing seberat 7 ton dapat diterbangkan oleh C-130 Hercules. Sebagai persenjataan utama tersedia dudukan senapan mesin kaliber 12,7 mm di atap dan kaliber 7,62 mm yang dioperasikan awak yang duduk di samping pengendara.

Sobat AR, total 46 unit Anaconda dipesan oleh Korps Marinir Belanda. Terdiri dari tiga varian utama yakni versi komando, patroli, dan GS (general support).

Sebanyak 36 kendaraan pertama sudah harus diserahkan sebelum 31 Januari 2019 dan 10 lainnya menyusul dua bulan kemudian. Seleruh Anaconda nantinya akan ditempatkan di Pangkalan Angkatan Laut Belanda (Comnlcarib) di Karibia.

Rangga Baswara Sawiyya

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!