230 Warga Pesawaran Lampung Peroleh Pendidikan Keahlian Gratis dari STPI Curug

DPM STPISTPI

ANGKASAREVIEW.COM – Sebanyak 230 warga Kabupaten Pesawaran Lampung mendapatkan pendidikan keahlian gratis dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug. Pelaksanaan kegiatan melalui program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) STPI ini dilaksanakan pada 22 Oktober hingga 31 Oktober 2018 di kabupatern tersebut.

Tiga tujuan dilaksanakannya DPM STPI adalah, pertama memberikan pelatihan keterampilan dan pengetahuan kepada masyarakat untuk mandiri sehingga mempermudah mendapatkan pekerjaan yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan bidang transportasi.

Kedua, memberikan pengetahuan akan pentingnya kesadaran masyarakat dalam usaha turut menjaga fasilitas dan objek vital pemerintah di lingkungan bandara yang berdampak pada terwujudnya keamanan dan keselamatan penerbangan.

DPM STPISTPI

Ketiga, memberikan informasi program-program pemerintah dan keberlanjutan pembangunan serta mendorong masyarakat sekitar untuk berperan aktif dalam pembangunan tersebut sehingga mendapat manfaat ekonomi dan kesejahteraan.

Para peserta yang dipilih mengikuti kegiatan DPM STPI di Kabupaten Pesawaran, adalah masyarakat umum yang menjadi pengangguran dan kurang memiliki akses kepada dunia kerja akibat tidak punya keterampilan dan keahlian. Peserta berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Pesawaran.

DPM STPISTPI

Adapun jenis pelatihan adalah sebagai berikut, Pelatihan Teknik Las Listrik Lingkungan Bandara diikuti oleh 88 orang, Pelatihan Teknik Instalasi Listrik Lingkungan Badara sebanyak 86 orang, dan Pelatihan Teknik Perawaran AC Lingkungan Badaran sebanyak 56 orang.

Untuk materi pelatihan, selain keterampilan dan keahlian, para peserta juga mendapatkan pengetahuan mengenai Bela Negara dan Wawasan Nusantara (8 jam tatap muka) dan Keselamatan Penerbangan dan Kebandarudaraan (8 jam tatap muka).

Kemudian Materi Kompetensi (35 jam tatap muka), Kewirausahaan (14 jam tatap muka), dan Evaluasi Diklat (2 jam tatap muka).

DPM STPISTPI

Tenaga pengajar berasal dari Dosen/Instruktur STPI Curug, Ikatan Alumni Curug (IAC), Korem 421-02 Gedong Tataan, dan praktisi.

Ketua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM dalam sambutan penutupan DPM STPI di Kabupaten Pesawaran, Lampung menyatakan, Program DPM STPI yang merupakan bagian dari DPM Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, adalah bentuk kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat. DPM merupakan Program Strategis Nasional (PSN) yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan di seluruh wilayah Indonesia.

“Melalui diklat-diklat keselamatan transportasi untuk para operator, regulator di daerah dan wilayah, serta masyarakat umum, diharapkan lebih memahami tentang keselamatan dan keamanan transportasi sehingga ikut menjaganya,” kata Ketua STPI, Rabu (31/10/2018).

DPM STPISTPI

STPI berharap, apa yang diberikan selama pelatihan, memberikan pemahaman dan keterampilan baru untuk dapat dimanfaatkan dalam rangka perbaikan kesejahteraan hidup.

Kepada Pemkab Pesawaran, Ketua STPI menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan dukungannya dalam program DPM ini.

“Selanjutnya, kami berharap, Pemda Kabupaten Pesawaran dapat melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap para lulusan dari DPM ini. Kami merasa sangat terbantu jika dalam rentang waktu beberapa bulan mendatang kami mendapatkan informasi keterserapan lulusan pelatihan ini di dunia kerja maupun mandiri melalui wirausaha,” lanjut Capt. Novy.

DPM STPISTPI

Mewakili keseluruhan peserta, tiga peserta DPM STPI 2018 di Kabupaten Pesawaran Lampung memberikan testimoni atas terselenggaranya kegiatan ini. Mereka mengatakan, DPM STPI sangat terasa manfaatnya dalam memperoleh keterapilan baru yang dapat dijadikan sebagai bekal mencari kerja maupun membuka usaha sendiri.

“Kami merasakan pelatihan ini sangat bermanfaat dan akan sangat berguna bagi kami. Kami siap mandiri pantang menyerah,” ujar salah satu peserta.

Penutupan DPM STPI dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Ir. Kesuma Dewangsa, MM mewakili Bupati Pesawaran Ir. Dendi Ramadhona K, ST.

DPM STPISTPI

Dalam sambutannya yang dibacakan Sekda, Bupati Pesawaran mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada STPI Curug yang telah melaksanakan kegiatan DPM di wilayahnya. Melalui kegiatan DPM, Bupati Pesawaran sekaligus mengajak hadirin untuk menggalakkan semangat kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat.

“Kepada para peserta saya berpesan agar dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dalam kehidupan sehari-hari dan semoga saudara menjadi wirausahawan yang sukses,” harap Bupati.

Roni Sontani

Bagikan ini :

One Response to 230 Warga Pesawaran Lampung Peroleh Pendidikan Keahlian Gratis dari STPI Curug

  1. Bambang Sutarmadji says:

    Bravo STPI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!