Wed. May 22nd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Ups! Gambar Helikopter Serang Masa Depan Rusia Bocor ke Media

2 min read
Helikopter Serangairbase.ru

ANGKASAREVIEW.COM – Cukup menghebohkan, gambar helikopter serang masa depan untuk Angkatan Udara Rusia bocor dan secara viral bertebaran di laman situs-situs berita militer. Namun tak diketahui, apakah foto presentasi Biro Desain Kamov di hadapan perwakilan militer ini faktor kesengajaan atau tidak.

Sobat AR, dari gambar konsep helikopter yang beredar itu tampak desain heli mengadopsi rotor tumpuk berputar lawan arah (co-axial rotor) yang memang menjadi ciri khas Kamov dan dilengkapi sepasang mesin pendorong turboshaft. Terlihat pula dari desain, heli ini diawaki dua orang, pilot dan kopilot.

Berbeda dari rancangan heli Ka-50/52 yang berdesain kaku, heli serang masa depan ini terlihat mengadopsi desain teknologi siluman (stealth) serta menerapkan sistem penekan panas infra merah (IR). Desainnya bak gabungan heli dengan jet tempur yang dilengkapi sayap delta yang cukup besar unrtuk menempatkan sistem senjata plus sayap canard di depan.

Helikopter Serangairbase.ru

Dari informasi yang beredar, heli serang ini akan memiliki kecepatan yang sangat tinggi yakni mencapai 700 km/jam atau dua kali lipat lebih dibanding Ka-50/52 yang hanya 315 km/jam.

Selain faktor kecepatan, Kamov juga menawarkan jangkauan yang lebih baik dan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien untuk helikopter barunya ini.

Heli serangairbase.ru

Sobat Angkasa Review, proyek pengembangan helikopter masa depan berkecepatan tinggi Rusia ini dipimpin oleh Sergei Mikheyev yang saat ini menjabat sebagai Perancang Umum Biro Desain Kamov dan telah mengabdi sejak 1987.

Heli serang masa depan rancangan Kamov ini seperti menjadi jawaban langsung untuk heli sejenis yang tengah dikembangkan tim Sikorsky-Boeing. Heli serang berawak dua ini diracik berdasar teknologi dan berbagi banyak komponen dengan versi heli angkut SB>1 Defiant yang kini tengah bersaing dengan V-280 Valor rancangan Bell dalam program Future Vertical Lift (FVL).

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *