Usung X2 Technology, Dialah S-97 Raider Si Pesawat Serang Intai Masa depan

s-97Sikors

ANGKASAREVIEW.COM – Purwarupa helikopter taktis ringan Sikorsky S-97 Raider berhasil melampaui target yang ditetapkan saat pengujiannya digelar di Pusat Pengembangan Penerbangan Sikorsky pada Kamis (4/10/2018) lalu. Tercatat, helikopter ini mampu melesat pada kecepatan 200 knot, dua kali lipat dari kecepatan helikopter konvensional.

Pencapaian tersebut tak lepas dari teknologi teruji yang diusung Sikorsky untuk S-97, X2 Technology.

“Program uji terbang Sikorsky S-97 Raider melebihi dari yang diharapkan, mendemonstrasikan kecepatan revolusioner Raider, kemampuan manuver dan kelincahan. X2 Technology mewakili seperangkat teknologi yang dibutuhkan untuk pertempuran masa depan, yang memungkinkan para penempur untuk terlibat dalam konflik berintensitas tinggi kapanpun, di manapun,” kata Tim Malia, Sikorsky Director, Future Vertical Lift Light.

Sikorsky dikabarkan sedang mempersiapkan proposal untuk mengikuti kompetisi pesawat serang intai masa depan (Future Attact Reconnaissance Aircraft/FARA) ke Angkatan Darat Amerika Serikat (AS). Sikorsky mendorong AD AS untuk merevolusi armada pesawat mereka sebagai bagian dari wacana yang mereka sebut dengan ‘Future Vertical Lift’.

Raider menggabungkan kemajuan teknologi terbaru dalam kontrol penerbangan fly-by-ware, sistem manajemen kendaraan dan sistem integrasi. Perangkat X2 Technology memungkinkan pesawat dapat dioperasikan dengan kecepatan tinggi sambil mempertahankan kualitas penanganan kecepatan rendah dan kemampuan manuver rotor utama tunggal helikopter konvensional.

Baca Juga:

M28, Pesawat Mungil Multiguna nan Bandel Besutan Sikorsky/PZL Mielec

Menangi Proyek T-X, Boeing Bikin Hattrick Pengadaan Pesawat dalam Waktu Berdekatan!

“Sangat menyenangkan mencapai kecepatan tinggi ini dengan X2 Technology. Tak dapat disangkal, penting bagi penempur untuk mencapai misi dengan cepat,” ujar pilot uji Sokorsky, Bill Fell, yang merupakan pensiunan pilot Puspenerbad AS.

Menurutnya, X2 Technologi memberikan kualitas penanganan yang penting, yang membuat pesawat mampu bertahan, mematikan dan lincah. Teknologi yang dikembangkan Sikorsky ini merubah cara pilot heli untuk terbang dan bertarung.

“Kita bisa sampai ke sana (medan pertempuran) lebih cepat, menjadi lebih efektif saat di medan laga dan kita bisa keluar lebih cepat,” tambahnya.

X2 Technologi milik Sikorsky yang disematkan di helikopter S-97 Raider dapat ditingkatkan untuk berbagai misi militer, termasuk serang ringan, intai bersenjata, dukungan udara jarak dekat, SAR tempur dan aplikasi tanpa awak.

Pengembangan X2 Technologi dan pesawat serang intai masa depan S-97 Raider ini sepenuhnya telah didanai dari investasi yang signifikan oleh Sikorsky, Lockheed Martin dan mitra industri.

(ERY)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!