Pusat Pelatihan Simulator A350 Terbesar Ada di Singapura

Simulator A350 XWBAirbus

ANGKASAREVIEW.COM – Airbus Asia Training Centre (AATC) di Singapura telah meresmikan penggunaan simulator terbang penuh (full flight simulator – FFS) ketiga pesawat A350 XWB. Hal ini menjadikan AATC sebagai pusat pelatihan awak kokpit terbesar di dunia bagi pesawat badan lebar terbaru keluaran Airbus tersebut.

Selain memiliki tiga simulator A350, saat ini AATC mengoperasikan dua FFS A330, dua FFS A320, dan satu FFS A380.

Dengan luas fasilitas mencapai 9.250 m2, AATC merupakan fasilitas pelatihan simulator Airbus keempat yang ada di dunia. Yang pertama ada di Toulouse, kemudian Miami, dan Beijing. AATC didirikan atas kerja sama antara Airbus (55% kepemilikan) dengan Singapore Airlines (45% kepemilikan).

Manajer Umum AATC Thierry Marty menyatakan, penambahan simulator FFS A350 XWB di AATC guna mengantisipasi meningkatnya permintaan akan kebutuhan pelatihan pilot-pilot pesawat tersebut.

Simulator A350 XWBThierry Marty/Airbus

“Sekaligus juga menjadikan AATC sebagai penyedia layanan pelatihan pilot A350 terdepan,” ujarnya.

Dikutip dari laman Airbus pada 1 Oktober lalu, hingga saat ini tercatat, AATC telah meluluskan 600 pilot A350 dari 18 maskapai dunia di kawasan Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Dalam dua tahun sejak pengoperasian pertamanya, tercatat pula sebanyak 56 maskapai telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk melatih pilot-pilotnya di AATC.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!