MODIAR Tampilkan Tufan 4X4 MRAP di ADEX 2018 Azerbaijan

Tufan MRAPAzerbaijan MoD

ANGKASAREVIEW.COM – Dua tahun setelah pengumuman proyek pengembangan MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected) buatan dalam negeri pada ADEX 2016, purwarupa ranpur yang dinamai Tufan resmi dipertunjukkan kepada umum dalam Pameran Pertahanan Internasional Azerbaijan (ADEX 2018) yang ke-3 pada 25-27 September di Baku Expo Center, Azerbaijan.

Sobat AR, pengembangan MRAP Tufan digagas dan didanai oleh Kementerian Industri Pertahanan Azerbaijan (MODIAR) yang rancang bangunnya dipercayakan pada National Aerospace Agency (NAA), sebuah departemen di bawah MODIAR.

Layaknya MRAP modern, Tufan memiliki konsep modular sehingga dapat dikembangkan untuk beragam versi sesuai kebutuhan misi. Dibangun dengan struktur monokok dengan desain lambung berbentuk huruf  V guna melemahkan dan mengurai energi ledakan dari ranjau atau bahan peledak improvisasi IED.

Tingkat perlindungan diri dari ranjau, Tufan berada pada level 3a/b STANAG 4569. Artinya, mampu menahan ledakan setara 8 kg TNT di bawah perut atau rodanya. Sedangkan perlindungan balistiknya pada level 1 STANAG 4569 yang kebal terhadap hantaman peluru senapan serbu hingga kaliber 7,62 mm dan serpihan munisi artileri 155 mm.

Untuk menghela bobotnya yang mencapai 12,3 ton plus muatan hingga 3 ton, Tufan dibekali mesin diesel berdaya 230 hp buatan KamAZ. Kendaraan inimMampu melaju maksimum 85 km/jam dengan jangkauan operasi hingga 900 km. Memiliki dimensi panjang 7,3 m,lebar 2,4 m dan tinggi 2,8 m. Dalam kabinnya mampu menampung 10 awak termasuk komandan dan pengemudi.

Tufan MRAPAzerbaijan MoD

Sebagai senjata beladiri dan untuk bertempur, Tufan dilengkapi dengan stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) bersenjatakan senapan mesin NVS kaliber 12,7 mm. Perlengkapan pertahanan diri lain adalah pelontar granat asap sebanyak 10 tabung. Tufan juga dilengkapi kamera 360 derajat untuk kesadaran situasional yang tinggi buat awaknya.

Sobat AR, sebagai negara pecahan Uni Soviet berada di sekitar Laut Kaspia yang kaya minyak, Azerbaijan terlibat sengketa teritorial dengan negeri tetangganya Armenia atas daerah Nagorno, Karabakh. Untuk membekali militernya dengan kendaraan patroli jenis MRAP, sebelum membuat Tufan, Pemerintah Azerbaijan mendatangkan Matador dan Marauder buatan Paramount, Afrika Selatan.

Rangga Baswara Sawiyya

Bagikan ini :

3 Responses to MODIAR Tampilkan Tufan 4X4 MRAP di ADEX 2018 Azerbaijan

  1. Sekar Dirgantara berkata:

    Ini yang MODIAR siapa bang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!