Thu. May 16th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Uang Muka Dibayar, Kontrak Efektif Pengadaan Typhoon dan Hawk Qatar Mulai Dijalankan

1 min read
BAE Systems

ANGKASAREVIEW.COM – Program pengadaan 24 jet tempur Typhoon dan 9 jet latih Hawk AJT (advanced jet trainer) bagi Angkatan Udara Qatar mulai berjalan setelah Doha mengucurkan uang muka pemesanan kedua jet beda fungsi tersebut.

“Kontrak senilai 5 poundsterling atau 6,6 miliar dolar AS, kini telah efektif berjalan ditandai penerimaan pembayaran tahap pertama,” tulis BAE Systems dalam keterangan tertulis pada 18 September 2018.

Diberitakan, Qatar negeri di kawasan Timur Tengah bekas protektorat Inggris ini telah melakukan pembayaran uang muka pemesanan bagi jet Typhoon dan Hawk. Namun, jumlahnya tidak disebutkan.

Qatar memesan 24 Typhoon pada Desember 2017 dilanjutkan dengan pemesanan 9 Hawk AJT (disebut juga Advanced Hawk) pada Juni 2018. Angka 6,6 miliar dolar AS ini Sobat Angkasa Review, termasuk di dalamnya adalah dukungan suku cadang pesawat dan pelatihan.

Baca: Terima 24 Unit AH-64E Tahun Depan, Qatar Akan Pesan Lagi 24 Unit

Typhoon merupakan jet tempur multiperan hasil produksi bersama industri pesawat Eropa dalam konsorsium Eurofighter. Sementara Advanced Hawk merupakan jet latih hasil kolaborasi BAE System dengan pabrik HAL dari India. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada Juni 2017.

Tiga perusahaan besar menjadi investor di Eurofighter, yaitu Airbus, BAE Systems, dan Leonardo. Untuk jet militer bagi Qatar ini, BAE System bertindak selaku kontraktor utama.

“Pengiriman pertama jet tempur Typhoon dan Hawk akan dilaksanakan tahun 2002,” terang BAE.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *