Penuh Khidmat, 251 Taruna Program Diploma STPI Dinyatakan Lulus dalam Upacara Yudisium

Fery Setiawan

ANGKASAREVIEW.COM – Sebanyak 251 Taruna Program Diploma Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug dinyatakan lulus dalam Upacara Yudisium yang dipimpin oleh Ketua Senat STPI di Gedung Serba Guna STPI Curug, Tangerang, Banten, , Jumat (14/9/2018).

Para taruna (putra dan putri) yang dinyatakan lulus dari pendidikan mereka di kampus STPI ini berasal dari 10 angkatan mencakup sepuluh Program Studi (Prodi) dari empat Jurusan yang ada di STPI, yaitu:

  1. Diploma IV Teknik Navigasi Udara (TNU) Angkatan ke-22 sebanyak 23 orang
  2. Diploma IV Lalu Lintas Udara (LLU) Angkatan ke-22A/B sebanyak 46 orang
  3. Diploma III Teknik Mekanikal Bandar Udara (TMB) Angkatan ke-8 sebanyak 14 orang
  4. Diploma III Teknik Bangunan dan Landasan (TBL) Angkatan ke-8 sebanyak 17 orang
  5. Diploma III Penerangan Aeronautika (PA) Angkatan ke-14 sebanyak 16 orang
  6. Diploma III Komunikasi Penerbangan (KP) Angkatan ke-11 sebanyak 22 orang
  7. Diploma III Operasi Bandar Udara (OBU) Angkatan ke-11 sebanyak 21 orang
  8. Diploma II Penerbang (PNB) Sayap Tetap Angkatan ke-67 sebanyak 41 orang
  9. Diploma II Penerbang (PNB) Sayap Putar Angkatan ke-67 sebanyak 6 orang
  10. Diploma II Penerbang (PNB) Sayap Tetap Angaktan ke-68 sebanyak 45 orang
Fery Setiawan

Ketua Senat STPI yang juga adalah Ketua STPI Curug Capt Novyanto Widadi, S.AP, MM dalam Upacara Yudisium yang dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc dan Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Sri Lestari Rahayu, S.H, LL.M melaporkan dalam sambutannya, Yudisium dilaksanakan sebagai apresiasi terhadap capaian kegiatan akademik para Taruna STPI dari Program Diploma yang telah menyelesaikan pendidikannya.

“…sebagai apresiasi terhadap capaian kegiatan akademik para taruna kami dari Program Diploma, mereka telah menyelesaikan pendidikan baik kompetensi maupun pendukungnya, maka Senat Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia sebagai fungsi legislatif di STPI Curug menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Upacara Yudisium Taruna Program Diploma Tahun Akademik 2017/2018,” paparnya.

Ron

Ditambahkan, Program Diploma yang diselenggarakan dari Jenjang Diploma II hingga Diploma IV dari empat Jurusan di STPI Curug telah mengantarkan para peserta didik mencapai kompetensi sesuai dengan yang dipersyaratkan. “Pada hari ini, kita semua akan menyaksikan bersama kelulusan mereka,” lanjut Novyanto.

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) sebagai unit pelaksana teknis di bawah BPSDMP Kementerian Perhubungan dalam hal mendidik calon-calon profesional di bidang penerbangan, melaksanakan kegiatan secara adaptif dengan perkembangan teknologi. Kemudahan akses untuk selalu terhubung, lanjutnya, menjadi komitmen STPI sehingga STPI sebagai sivitas akademika mampu menjadi “driver” dalam perubahan bentuk pembelajaran dan informasi.

“Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya perlu dukungan dari pihak pihak yang dapat memberikan kontribusi kepada almamater, maka kami mengundang para alumni untuk dapat memberikan sumbangsih baik tenaga, ide, pikiran untuk kemajuan STPI di era industri/digitalisasi 4.0,” ujar Ketua STPI.

Roni Sontani
Roni Sontani

Di akhir sambutan laporannya, Ketua STPI berpesan agar para lulusan menjadi pribadi yang mengutamakan kesatuan untuk Bangsa dan Negara dengan berorientasi pada lima citra manusia perhubungan.

Kepada para orant tua Taruna/Wali, Ketua STPI tak lupa mengucapkan terima kasihnya atas kepercayaan dan dukungan kepada STPI curug untuk mendidik putra-putri mereka di STPI Curug.

Pengamatan Angkasa Review di tempat Upacara Yudisium yang dihadiri para orang tua maupu wali para taruna dan berlangsung sejak pukul 08.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.45 WIB tersebut berlangsung penuh khidmat dan sangat tertib.

Fery Setiawan

Usai sambutan Ketua Senat STPI, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala BPSDM Perhubungan Kementerian Perhubungan dan pidato berisi pencerahan mengenai dunia penerbangan oleh pakar dunia penerbangan yang juga mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purn) Chappy Hakim.

Setelah itu, acara berlanjut ke acara inti yakni pernyataan kelulusan oleh Ketua Senat STPI dan pemberian ijazah kelulusan sebagai bukti telah menyelesaikan pendidikan di STPI. Rona-rona wajah cerah dan haru terpancar dari para lulusan dan juga orang tua taruna.

Dalam upacara ini juga STPI memberikan penghargaan khusus kepada 10 lulusan terbaiknya. Prestasi lainya juga diraih oleh seluruh lulusan ini karena IPK yang mereka raih di atas angka tiga semua. Para lulusan ini juga selanjutnya dikukuhkan menjadi anggota IAC atau Ikatan Alumni Curug.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *