Wawasan Gratis untuk Masyarakat, BPSDMP Genjot Sekolah Siapkan e-Learning

sekolahIstimewa

ANGKASAREVIEW.COM – Saat ditemui tim redaksi Angkasa Review di Jakarta Senin (3/9/2018) lalu, Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM menceritakan kepada redaksi bahwa dirinya sempat diajak berdiskusi dengan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc beberapa waktu lalu.

Sobat AR, dalam diskusi berdurasi sekitar 2 jam itu, Kepala BPSDMP meminta pendapat kepada Capt. Novyanto tentang Program e-Learning dan Digitalisasi.

“Saya sampaikan, kita buat bagaimana (suatu) sistem itu bekerja untuk e-Learning. Saya mempunyai sistem,” ujar Novy, sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, mahasiswa-mahasiswa STPI yang menyenyam pendidikan S2 di Ecole Nationale de l’Aviation Civile (ENAC) saat ini sedang menyusun tesis. Tesis mereka rata-rata diarahkan ke pendidikan-pendidikan vokasi.

Sebagai contoh, misalnya tesis mahasiswa ENAC membahas bagaimana untuk menjadi penerbang. Mereka ditugaskan untuk bisa menjelaskan hal tersebut mulai dari sistem prosedur, rekrutment, safety, emergency respond plan hingga social awareness.

Baca Juga: Rubah Pola Lama, Lulusan STPI Terserap di BUMN Saat Wisuda Terpadu 2018

“Kebetulan, penugasan-penugasan para calon program master penerbangan itu sudah dalam digital. Nah itu yang saya ambil sebagai bahan pelajaran e-Learning. Jadi orang kalau mau masuk penerbang cukup klik di website STPI,” terangnya.

Sobat AR, Novy menjabarkan, konsep video tersebut kontennya bilingual. Dicontohkannya, semisal disampaikan dalam video tersebut bagaimana menjadi penerbang, bagaimana menerbangkan pesawat, bagaimana bila terjadi emergency pada pesawat, bagaimana teknik mendaratkan pesawat, maupun bagaimana refueling pesawat.

“Tujuan e-Learning ini kan untuk menciptakan pengetahuan secara gratis kepada seluruh masyarakat. Namun, ketika mereka ingin mengambil kompetensinya ya silahkan sekolah,” tekannya.

stpi curugJR Nugroho

Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Capt. Novyanto Widadi, S.AP, M.M

Dipaparkan Novy, sistem e-Learning tersebut nantinya akan terbagi menjadi tiga jenis. Pertama diklat-diklat berbasis vokasi. Kedua, yang dikhususkan untuk taruna reguler. Terakhir, yang berbasis kepada masyarakat.

“Sehingga, output dari mahasiswa-mahasiswa ENAC ini kita tampilkan. Itu jadi e-Learning,” tegasnya.

Database

Sobat AR, pencetusan sistem digitalisasi atau e-Learning ini tentu memunculkan pertanyaan mendasar, yakni bagaimana teknik penyimpanannya database? Permasalahannya, e-Learning bila ditempelkan pada web tentu akan berat dalam mengaksesnya.

Novy pun menjawab pertanyaan itu. Ia mengatakan, pihaknya harus membuat digitalisasi yang berplatform big data. Ada dua tipe penyimpanan data itu. Pertama, membangun rumahnya yang besar lalu memasukkan datanya. Namun menurutnya hal itu akan menjadi lebih susah, karena membutuhkan biaya yang mahal.

“Tetapi ada perusahaan yang membuat itu, artinya mereka membuat rumah besar untuk data,” sebutnya.

Baca Juga: Hingga Akhir 2018 STPI Curug Masih Selenggarakan Diklat Gratis untuk Ribuan Masyarakat

Tetapi yang baik, lanjutnya, mulailah dari hal yang kecil. Misalnya DPM, mereka yang ikut diklat bisa terekam datanya oleh STPI dan bisa ditelusuri kemana saja mereka setelah diklat. “Nanti kita akan link in dengan sistem yang lain. Jadi kita sudah semakin transparan,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, rencana digitaisasi dan e-Learning Ini juga telah dirapatkan dengan Kepala BPSDMP bersama seluruh sekolah di bawahnya.

“Pembahasannya, bagaimana caranya agar ide itu bisa cepat terlaksana. Jadi bukan hanya STPI Curug, tapi semua sekolah BPSDMP. Jadi tahap awalnya, masing-masing sekolah membuat sistem e-Learning, kemudian ke depannya mungkin akan terhubung satu sama lain untuk dijadikan satu sistem,” jelasnya.

Menurutnya, Sobat AR, hal yang dibutuhkan adalah people dan process. People untuk mengisi data, process itu agar dapat menelusuri konten.

(ERY)

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!