Thu. Jul 18th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Deretan Alutsista TNI dan Polri Meriahkan Parade Nusantara Lanud ATS Bogor

2 min read
Rangga Baswara Sawiyya

ANGKASAREVIEW.COM – Bertepatan dengan bulan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Lanud Atang Sendjaja di Semplak, Bogor turut memeriahkannya dengan mengadakan Parade Nusantara. Kegiatan dilaksanakan pada Minggu (25/08) mulai pukul 7.30 WIB sampai 17.00 WIB. Acara utama berupa Dirgantara Marching Band Competition dan pameran alutsista milik TNI dan Polri.

Sobat AR, kegiatan yang dilaksanakan di area selter heli Skadron Udara 6 ini dibuka dengan pembentangan bendera sepanjang 117 meter dan lebar 5 meter oleh anak-anak SMU berasal dari wilayah Bogor. Mereka menggunakan beragam pakaian adat dari 33 provinsi.

Rangga BS

Selanjutnya satu per satu peserta lomba marching band yang hadir dari wilayah Jabodetabek dan Bandung tampil bergiliran. Sebagai peserta pembuka adalah Corp Marching Band Cewama Eka Tayai yang dimainkan oleh para Taruna STPI  Curug, Tangerang.

Rangga BS

Boleh dibilang pameran alutsista menjadi daya tarik tersendiri, di mana masyarakat bisa melihat dari dekat, menyentuh atau bertanya lebih lanjut pada prajurit penjaga. Stan persenjataan Kopassus, Yon Zeni TNI AD, dan Pelopor Brimob Porli dijejali masyarakat yang silih berganti ingin berswafoto ria.

Rangga BS

Meski dalam gelaran kali tidak ada demo dinamis yang biasanya dilakukan helikopter milik Skadron Udara 6 & 8, jajaran kendaraan militer dan heli yang dipajang lumayan menyedot perhatian warga yang hadir. Sobat AR, satu-satunya atraksi udara diisi oleh klub Paramotor di bawah naungan PB FASI.

Rangga BS

Turut dipajang kendaraan taktis milik Korps Brimob Polri mulai dari kendaraan anti huru-hara Isuzu D-MAX double cab, truk SAR berbasis Tata LPTA 713 4×4, kendaraan pengusung pagar betis penghadang pendemo berbasis truk Daewoo Novus serta kendaraan lapis baja Doosan Barracuda versi pengusung tangga taktis.

Rangga BS

Selanjutnya berjejer kendaraan taktis (rantis) milik TNI mulai dari rantis serbu milik Kopassus yakni Jankel Fox LTV berbasis Toyota Land Cruiser 79 yang dipajang bersebelahan dengan rantis serbu SSE P6 ATAV milik Satbravo 90 Korpaskhas. Pasukan elite TNI AU ini juga memamerkan rantis serbu DMV-30T, DMV-30A, DMV ILSV 4×4 serta rantis tangga Jankel Hunter C-TAS.

Rangga BS

Sobat AR, dalam pameran alutsista skala kecil ini turut tampil kendaraan milik Yon Zeni TNI AD yang menampilkan Unit KBRN berbasis minibus Sprinter lansiran Mercedes-Benz, rantis Jihandak bernama Invader EOD buatan PT Merpati Wahana Raya (MWR), dan yang jarang tampil yakni robot penyapu ranjau Bozena 4 buatan WAY Industry asal Slowakia.

Rangga BS

Turut melengkapi pameran hadir juga kendaraan khusus milik TNI AU yakni mobil VCP (Vehicle Control Post) yang membawa tiang untuk penentu arah angin dan kendaraan MMS (Mobile Meteorological Station) serta kendaraan MCP (Mobile Command Post) yang semuanya milik Lanud Atang Sendjaja.

admin | Angkasa Review

Sobat AR, untuk jajaran helikopter yang diparkir rapi di sebelah kanan shelter adalah heli EC 725 AP Caracal buatan Airbus Helicopters yang dirakit PTDI lalu heli Basarnas AW139 buatan AgustaWestland (kiniLeonardo). Tampak pula heli AS 332 Super Puma VVIP milik Skadron 45 dan terakhir heli AS 330 Puma milik Skadron Udara 8.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *