Thu. May 23rd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Laporan dari Rusia: Kazan Helicopters Dapur Produksi 180 Heli Per Tahun

2 min read
Roni Sontani

ANGKASAREVIEW.COM– Sebagai salah satu jantung kekuatan grup besar Russian Helicopters, Kazan Helicopters yang berada di kota Kazan, Tatarstan, Rusia memiliki kapasitas produksi 180 unit heli per tahun. Saat ini Kazan Helicopters memproduksi tiga jenis heli multiguna yaitu ANSAT, Mi-8 (Mi-17), dan Mi-38.

Pabrik Kazan Helicopters memiliki empat hanggar besar terdiri dari Hanggar Pengolahan Material, Hanggar Komponen, Hanggar Perakitan, dan Hanggar Perakitan Akhir (Final Assembly). Guna menjalankan roda produksinya, Kazan Helicopters didukung oleh karyawan dengan jumlah hampir 6.000 orang.

Pihak Kazan menerangkan, sebanyak 180 unit helikopter setiap tahunnya dapat dihasilkan dari tiga jalur lini produksi. Lama pengerjaan dari nol hingga jadi, untuk masing-masing helikopter beragam lamanya.

Untuk helikopter ringan ANSAT pengerjaan butuh waktu delapan bulan. Untuk Mi-8 atau Mi-17 butuh 12 bulan, sedangkan untuk Mi-38 butuh waktu lebih lama yaitu 40 bulan.

Roni Sontani

Pada masing-masing waktu yang dibutuhkan tersebut, tidak berarti hanya satu helikopter dihasilkan dari setiap lini produksi. Jumlahnya sangat variatif tergantung dari kontrak pesanan yang diterima oleh Kazan Helicopters.

Sekilas mengenai gambaran masing-masing helikopter yang diproduksi Kazan Helicopters, ANSAT merupakan heli ringan multiguna dengan empat bilah rotor utama dan dua bilah rotor ekor. Heli berkapasitas 7-8 penumpang ini bisa difungsikan sebagai heli pertolongan medik udara dengan membawa dua tandu dan petugas medis.

Mi-8/Mi-17 merupakan heli angkut multiguna dengan kapasitas angkut kargo 4.000 kg baik di dalam kabin secara eksternal menggunakan sling. Heli ini juga dapat mengangkut personel hingga 26 orang. Saat ini Mi-8 (Mi-17) dibuat dalam beberapa versi terbaru oleh Kazan Helicopters dan Ulan Ude Aviation Plant, yaitu Mi-8AMT, Mi-8MTV-1, Mi-171, Mi-171A1, dan Mi-172.

Roni Sontani

Heli keluarga Mi-8/17 termasuk dalam kategori heli terlaris dengan jumlah produksi hingga saat ini mencapai 12.000 unit dan telah didistribusikan ke 100 negara. Akumulasi jam terbangnya telah mencapai 100 juta jam terbang hingga saat ini.

Kemudian Mi-38, merupakan pengembangan dari heli Mi-8/17 dengan kapasitas dan dimensi lebih besar. Heli multiguna yang mulai diperkenalkan tahun 2015 ini dilengkapi perangkat kokpit modern. Heli dapat membawa 30 penumpang atau membawa kargo 6.000 – 7.000 ton baik diangkut di kabin maupun secara eksternal.

Sobat AR, melihat secara langsung proses pembuatan helikopter di pabrik Kazan Helicopters atau Kazan Helicopters Plant pada Senin (20/8/2018), tidak ada bedanya dengan yang dilakukan oleh pabrik-pabrik pesawat lain. Semua proses dilaksanakan sesuai jalur dan urutan-urutan produksinya.

Kalaupun ada yang terlihat beda kali ini, bisa jadi adalah dari sisi jumlah unit yang dibuat. Dapat dikatakan, deretan pesawat sayap putar yang diproduksi Kazan Helikopters saat ini cukup banyak terlihat.

Roni Sontani

Para jurnalis dari sejumlah negara mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung semua hanggar yang ada di Kazan Helicopters berikut kegiatan produksinya. Namun demikian, di Hanggar Perakitan Akhir kami tidak diperkenankan untuk memotret deretan helikopter Mi-8 (Mi-17) dan Mi-38 yang yang dapat dikatakan telah jadi 90%.

Di hanggar ini, heli-heli tersebut juga telah dipasangi mesin dan tinggal melaksanakan uji terbang serta pengecatan.

Saat ditanya deretan helikopter Mi-8/17 yang ada di Hanggar Perakitan Akhir ini pesanan siapa, pihak Kazan Helicopters tidak menerangkan secara detail. Hanya saja disebutkan, bahwa helikopter-helikopter tersebut merupakan pesanan sejumlah angkatan bersenjata.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *