Tue. Jul 9th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Mantap, Tiga Rafale B dan 1 A400M AU Perancis Telah Tiba Jakarta

2 min read
perancisDassault

ANGKASAREVIEW.COM – Seakan ingin kembali mengulang masa-masa indah pada Maret 2015 silam, hari ini (Minggu, 19/8/2018) sekawanan jet tempur Angkatan Udara Perancis (Armée de l’Air) kembali menginjakkan kaki di Jakarta.

Kawanan tersebut terdiri dari tiga unit jet tempur multiperan Rafale pabrikan Dassault Aviation dan satu unit pesawat angkut militer Airbus A400M Atlas, Sobat AR. Kedatangan mereka melalui Bandara Internasional Halim Perdanakusuma dan disambut jepretan hangat para spotter (komunitas fotografer) penerbangan.

Sebagai rangkaian dari Misi Pegasus 2018, usai mengikuti latihan bersama di Australia, Pitch Black 2018 (27 Juli – 17 Agustus), pesawat-pesawat AU Prancis akan berkunjung ke sejumlah negara di wilayah Asia.

Kunjungan tersebut akan berlangsung mulai 19 Agustus hingga 4 September 2018 dan lawatan pertamanya ke Indonesia. Negara-negara yang akan disambangi dalam Misi Pegasus 2018 ini secara berturut-turut adalah Indonesia, Malaysia, Vietnam, Singapura dan India.

Baca Juga:

Saat Rafale Datang ke Jakarta, Sang Bintang Perang Libya

Misi Pegasus 2018, Tiga Jet Tempur Rafale dan Satu A400M Akan Sambangi Jakarta

Kontingen AU Prancis ini akan singgah di Jakarta selama enam hari, yakni mulai tanggal 19 hingga 24 Agustus 2018.

Dari keterangan pejabat Kedubes Perancis, Dominique Roubert kepada Redaksi Angkasa Review hari ini, varian jet tempur bersayap delta-canard yang datang adalah Rafale B (Bipalce) atau versi kursi ganda. “Kalau tidak salah Rafale B,” ujarnya.

Tentu yang sama-sama kita tunggu adalah aksi demo udara dari sang bintang perang Libia ini di langit Jakarta, Sobat AR. Saat ditanya apakah ada demo udara esok hari (Senin, 20/8/2018), ia belum bisa menjawab. Namun yang pasti, menurutnya akan ada sesi terbang VIP.

perancisAndrie Bayu Sheva

“Setahu saya tidak ada demo besok. Hari selasa (21/8/2018) ada acara terbang dengan VIP, mungkin sekaligus demo (udara),” jelasnya.

Sebelumnya, pihak Kedutaan Besar (Kedubes) Perancis untuk Indonesia dan Timor Leste menjelaskan pada Kamis (16/8/2018) lalu, lawatan AU mereka ke Indonesia kali ini akan dapat memperdalam hubungan yang terbina di antara Angkatan Udara kedua negara.

(… dan menjadi ajang untuk memamerkan keunggulan industri pesawat pertahanan Prancis kepada para mitra kami di Indonesia,” imbuh Kedubes Perancis dalam keterangan resmi mereka.

perancisIG: @aaspotter

Sobat AR, Misi Pegasus 2018 merupakan bagian dari upaya untuk menjaga kesiagaan para pilot tempur untuk dikirim ke mana pun di dunia dan menunjukkan kemampuan proyeksi kekuatan udara Prancis.

Sebelumnya, pada Maret 2015 lalu masing-masing satu unit Rafale B dan Rafale C bersama A400M untuk pertama kalinya menyambangi Jakarta. Pesawat-pesawat tersebut singgah di Lanud Halim Perdanakusuma usai manggung di pentas Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2015.

(ERY)

1 thought on “Mantap, Tiga Rafale B dan 1 A400M AU Perancis Telah Tiba Jakarta

  1. Teknologi Perancis memang selalu terdepan. Tingkatkan kerjasama dg Perancis, siapa tahu Indonesia diangkat jadi putra angkatnya, seperti yang dilakukan pada China, India dan Korsel. Selama orde baru kita cuma dijadikan anak tiri oleh US.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *