Fri. May 24th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Terima 24 Unit AH-64E Tahun Depan, Qatar Akan Pesan Lagi 24 Unit

1 min read
ah-64eBoeing

ANGKASAREVIEW.COM – Qatar dikabarkan tahun depan akan menerima kiriman helikopter tempur AH-64E Apache Guardian dari Boeing. Pengiriman tersebut menyusul ditandatanganinya kesepakatan antara kedua belah pihak baru-baru ini.

Masa pengiriman akan berlangsung selama tahun 2019 hingga pertengahan 2020.

Dijelaskan Project Officer dari Qatar Emiri Air Force (QEAF), Brigjen (Pnb) Ghanem bin Abdul Hadi Al Shahwani pada Senin (13/8/2018) lalu bahwa pengiriman gelombang pertama sebanyak 24 unit helikopter.

Jumlah tersebut merupakan unit yang dipesan pada tahun 2016 silam dan akan diterima seblum akhir tahun depan. Pengiriman direncanakan akan tuntas seluruhnya pada akhir Mei 2020.

Baca Juga:

Banyak Kecelakaan, AD AS Tolak Pengiriman Heli Apache dari Boeing

Beli Apache dan Chinook, Langkah India Tarik Boeing Bangun Pabrik di Hyderabad

Ia juga menyebutkan, dalam kesepakatan tersebut mencakup paket tambahan seperti pelatihan 70 pilot dan 100 awak darat, serta opsi hingga 24 helikopter tambahan.

Qatar pertama kali memesan helikopter Apache pada Juli 2012. Paket senjata dalam pemesanan tersebut antara lain misil pandu laser AGM-114R Hellfire, misil FIM-92H Stinger lengkap dengan peluncur udara-ke-udara, dan roket udara-ke-permukaan Hydra 70 mm.

Awal tahun ini Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) juga telah menyetujui penjualan roket pandu APKWS (Advanced Precision Kill Weapon System) II yang dibuat Bae System. (FS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *