Digunakan Hingga 2040, 52 Unit ‘Si Gambot’ C-5M Super Galaxy Telah Diterima AU AS

Kamil Czajka

ANGKASAREVIEW.COM– Program peningkatan kapabilitas (upgrade) pesawat angkut strategis C-5 Galaxy menjadi C-5M Super Galaxy oleh Lockheed Martin mulai dilakukan tahun 2001 dan menghasilkan unit pertama C-5M yang terbang perdana pada 19 Juni 2006.

Proyek Angkatan Udara AS (USAF) dengan nama reliability enhancement and re-engining program (RERP) ini merupakan transformasi 52 C-5A (terdiri dari 49 C-5B, 2 C-5C, dan 1 C-5A) menjadi C-5M. Unit terakhir Super Galaxy atau unit yang ke-52 telah selesai dikerjakan dan diterima USAF pada 2 Agustus 2018. Upacara serah terima dilaksanakan di fasilitas Lockheed Martin di Marietta, Georgia.

Dengan demikian, tuntas sudah RERP dijalankan. Pihak pabrikan Lockheed Martin menyatakan, C-5M Super Galaxy dapat digunakan hingga tahun 2040.

Program RERP meliputi 70 hal modernisasi menyangkut modifikasi struktur pesawat, sistem pneumatik dan lingkungan, sistem hidrolik, sistem kelistrikan, sistem bahan bakar, sistem roda pendarat, hingga sistem kendali penerbangan.

Salah satu jantung dari perubahan tersebut adalah juga pergantian mesin dari mesin lama General Electric TF39 Turbofan menjadi General Electric GE F138 turbofan atau yang di kalangan penerbangan sipil dikenal dengan nama General Electric CF6-80C2L1F (digunakan pesawat B747-400, B767, dan lainnya).

Mesin baru ini selain tangguh dan bersuara lebih lembut, juga memiliki peningkatan kekuatan dorong 22 persen lebih tinggi dibanding mesin lama menjadi 59.740 lbs thrust.

Dihitung dari momen terbang perdana pada 30 Juni 1968, ‘si gambot’ (berukuran lebar dan besar) C-5 Galaxy tahun ini telah berusia setengah abad alias 50 tahun. Kalau ditambah masa pakai hingga 2040, berarti secara akumulasi keluarga besar C-5 akan menjadi kuda beban udara USAF hingga usia 72 tahun.

Lockheed Martin

“Dengan kemampuan barunya ini, C-5M merupakan pesawat angkut yang lebih efisien dan andal digunakan sebagai pesawat angkut strategis,” ujar Direktur Mobilitas Udara dan Pengangkutan Strategis Misi Maritim Lockheed Martin Patricia Pagan, dikutip dari laman Lockheed Martin.

Pagan juga menyatakan kebanggaannya bahwa tim dari Lockheed Marin dan Pemerintah AS telah berhasil mewujudkan upaya modernisasi pesawat C-5. “Kita semua telah bekerja keras. Ini merupakan pesawat terbaik untuk angkatan bersenjata kita.”

Unit terakhir C-5M Super Galaxy selanjutnya diterbangkan dari Georgia oleh para kru pesawat dari Wing Angkutan Udara ke-439, Komando Cadangan AU AS yang berpangkalan di Westover Air Reserve Base, Massachusetts menuju Stewart Air Force Base, New York.

Di tempat tersebut, pesawat masih akan menjalani pengecatan ulang pada bagian interiornya. Setelah selesai nantinya, C-5A Super Galaxy ini akan diterbangkan lagi ke markasnya di Westover.

Roni Sontani

Bagikan ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!