Vasily Bykov, Kapal Patroli Terbaru AL Rusia (Bagian 2 – Kapal Patroli Multiguna)

Zelenodolsk

ANGKASAREVIEW.COM – Sobat setia AR, persenjataan utama kapal patroli Vasily Bykov berupa meriam AK-176MA dengan kaliber 76 mm yang ditempatkan di dek depan serta dua senapan mesin  MTPU kaliber 14,5 mm berada di belakang menara kabin operator kapal.

Sebagai senjata bela diri kapal patroli ini dilengkapi sepasang sistem pertahanan udara Gibka yang tiap tiang menaranya dapat membawa delapan rudal jarak pendek Igla. Kapal juga dipersenjatai dengan sepasang peluncur granat DP-65.

Selain dilengkapi radar navigasi Pal-N kapal ini juga dilengkapi radar aktif Pozitiv-ME1 3D untuk melacak wahana permukaan dan udara yang sanggup mendeteksi target dalam kisaran jarak 75 hingga 100 mil.

Kapal dilengkapi sistem penanggulangan jarak dekat PK-10, menawarkan perlindungan terhadap senjata lawan yang berpandu radar dan elektro optik. Sistem penanggulangan elektronik berbasis kapal TK-25 juga digunakan untuk mengelabui sonar, radar, dan laser lawan.

Tersedia juga sistem sonar Pallada di atas kapal guna mendeteksi dan melacak wahana bawah air, sementara sistem sonar aktif/pasif Vinyetka-EM digunakan untuk mendeteksi kapal permukaan. Kapal patroli ini juga dilengkapi dengan sistem sonar MGK-335EM-03 yang ditanam di lambung kapal.

Zelenodolsk

Sobat setia AR, saat ini pabrik kapal Zelenodolsk sedang menyelesaikan lima unit kapal Vasily Bykov-class lainnya yakni Factory No. 162 bernama Dmitry Rogachev lalu No. 163 Pavel Derzhavin, No. 164 Sergey Kotov, No. 165 Victor the Great, dan No. 166 yang dinamai Nikolay Sipyagin.

Seluruh kapal patroli Vasily Bykov-class ini akan dioperasikan oleh Komando Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia yang akan resmi beroperasi penuh pada awal 2020 mendatang.

Berperan sebagai kapal patroli, Vasily Bykov-class akan menjalankan tugas memantau dan melindungi zona ekonomi eksklusif (ZEE) serta perairan teritorial Rusia di laut terbuka dan tertutup. Selain itu kapal ini juga bertugas melindungi pangkalan angkatan laut dari serangan musuh dalam masa perang.

Zelenodolsk

Misi lain di luar peran militer yang dapat dilakukan kapal patroli Vasily Bykov-class adalah sebagai wahana pencarian & penyelamatan (SAR), membawa bantuan untuk korban bencana, pemantauan lingkungan hingga melawan kegiatan penyelundupan obat terlarang dan perompakan.

Sobat setia AR, selain tengah menuntaskan lima unit kapal patroli pesanan Angkatan Laut Rusia tersebut, pabrik kapal Zelenodolsk juga telah mendapatkan pesanan baru untuk ekspor.

Seperti berita yang dilansir Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia, kapal patroli Project 22160 telah dipesan oleh Angkatan Laut Aljazair, Gabon, Filipina, dan Uruguay. Namun tak dirinci jumlah pesanan dan kapan waktu penyerahannya.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *