Kuwait Butuh 300 Rudal Hellfire, Siap Dipasok oleh Amerika Serikat

Lockheed Martin

ANGKASAREVIEW.COM – Kuwait membutuhkan sekira 300 unit rudal udara ke darat antitank AGM-114R Hellfire. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat langsung menyetujui untuk memasok rudal tersebut berikut kelengkapan pendukungnya.

Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan (DSCA) Amerika Serikat dalam keterangan tertulisnya mengumumkan paket senilai 30,4 juta dolar tersebut pada 30 Juli lalu.

Selain rudal, paket yang diminta Kuwait juga mencakup instalasi hulu ledak, motor roket, kontainer rudal, 19 peluncur roket M261 kaliber 2,75 inci, suku cadang, alat perbaikan, dan pelatihan.

Sebelumnya Kuwait telah menggunakan rudal Hellfire dan berencana menambahnya demi meningkatkan kekuatan militer negaranya.

Pihak AS telah menunjuk Lockheed Martin sebagai kontraktor utama bila proyek ini direalisasikan.

Sejak digunakan tahun 1984, pamor rudal Hellfire langsung menggema ke seantero jagat. Rudal ini antara lain digunakan dalam Operasi Just Cause di Panama, Operasi Badai Gurun di Perang Teluk, Operasi Allied Force di Yugoslavia, Operasi Enduring Freedom di Afghanistan, Operasi Iraqi Freedom di Irak, dan lainnya.

Rudal Hellfire selain dibawa oleh helikopter-helikopter serang, dikembangkan pula menjadi persenjataan  mematikan untuk melengkapi UCAV seperti MQ-1 Predator dan MQ-9 Reaper.

Awalnya, Hellfire didedikasikan sebagai rudal antitank. Namun dalam perkembangan selanjutnya, rudal ini juga dikembangkan sebagai pelahap sasaran darat lainnya.

AGM-114R atau Hellfire Romeo merupakan jenis rudal Hellfire multitarget. Rudal berpemandu laser semi-aktif ini memiliki jangkaun tembakan hingga 8.000 meter serta kecepatan terbang hingga 1,3 Mach. Bobot hulu ledaknya mencapai 50 kg.

(RON)

Bagikan ini :

One Response to Kuwait Butuh 300 Rudal Hellfire, Siap Dipasok oleh Amerika Serikat

  1. Alumni Monas University berkata:

    Om admin, kapan edisi cetak angkasa nya terbit lagi….🤗

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *