Thu. May 23rd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Terkendala Masalah Perawatan, Hanya 4 Su-30MKM Malaysia yang Operasional

2 min read
Su-30MKMRoni Sontani

ANGKASAREVIEW.COM – Hanya empat unit Su-30MKM dari total 18 unit yang dimiliki Angkatan Udara Malaysia (RMAF) yang dapat beroperasi secara baik saat ini. Sementara 14 lainnya menghadapi masalah serius dalam hal perawatan.

Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu mengatakan hal itu di Kuala Lumpur pada 31 Juli 2018.

Dikatakan, normalnya siklus penggunaan pesawat adalah ada yang terbang dan ada yang menjalani perawatan. Namun, yang dihadapi Malaysia terkait penggunaan jet tempur buatan Rusia ini lebih pelik. Pesawat saat ini mengalami kesulitan soal perawatannya.

“Hanya empat dari armada Sukhoi yang dapat diterbangkan dengan baik,” ujar Sabu sebagaimana dikutip The Star dalam pernyataan di parlemen.

Sabu menambahkan, RMAF tidak dapat mempertahankan dengan baik kelaikan terbang jet-jet tempur buatan Rusia. Jet dimaksud adalah 18 Su-30MKM dan 10 MiG-29.

Oleh karena itu, kata Sabu sebagaimana dikutip Malaysian Defence, pihaknya akan mengkaji ulang soal pembelian pesawat tempur di masa mendatang.

“Isu Sukhoi misalnya, yang boleh terbang dengan baik ada empat buah, 14 buah lagi sedang di-repair dan kita cuba syarikat tempatan. Syarikat pada zaman Kerajaan BN dahulu, kita belum tamatkan kontrak itu dan mereka sedang repair. MiG sudah grounded, sebab masalah barang-barang mahal yang kita hadapi ini ialah masalah maintenance,” jelas Sabu.

Oleh sebab itulah perkara alat-alat tentera ini, kita beli hari ini baru, 10 tahun lagi sudah lapuk. Kita beli 10 tahun lagi, 20 tahun lagi sudah lapuk. Oleh sebab itulah kita perlu kaji dari semasa ke semasa,” tambahnya.

Walau begitu, Sabu meyakinkan bahwa RMAF (TUDM) tetap siap siaga menjaga keselamatan Malaysia. “Don’t worry di atas kebolehan itu,” tandasnya.

Roni Sontani

Sabu menyampaikan, MiG-29 mulai bergabung dengan RMAF pada 1995. Sementara Su-30MKI diterima mulai tahun 2007 sebanyak enam unit dan sisanya 12 unit pada 2009.

Dalam catatan Angkasa Review, saat pelaksanaan Singaporea Airshow 2018 pada 6-11 Februari lalu, Su-30MKM tampil secara memukau tiap hari dalam peragaan flying display. Namun pada keikutsertaan Malaysia dalam Exercise Pitch Black 2018 (27 Juli – 17 Agustus) RMAF tidak menurunkan Su-30MKM, melainkan armada F/A-18D Hornet.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *