Wed. May 22nd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

Akhirnya, Kemhan Resmi Pesan Tank Boat X18 Antasena Buatan Lundin

2 min read
North Sea Boats

ANGKASAREVIEW.COM – Sobat setia AR, mengikuti jejak langkah tank medium (MT) buatan PT Pindad yang telah masuk fase pengujian dan siap diproduksi, kini giliran tank yang mampu mengapung di air X18 buatan PT Lundin Industry Invest siap menyusul setelah resmi dipesan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu didampingi Dirut PT Pindad Abraham Mose dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melongok langsung progres pembuatan purwarupa Tank Boat dipabrik kapal yang berada di Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi ini Sabtu, (28/7/2018).

Sebagai tahap awal, Kemhan baru memesan satu unit X18 yang diberi nomor lambung 214 dan kemudian akan dievaluasi kinerjanya. Diharapkan, tahun 2019 mendatang tank boat yang diberi nama Antesena ini sudah siap beroperasi. Bila hasilnya memuaskan, Kemhan akan memberikan order susulan untuk digunakan TNI AL.

Proses pengerjaan purwarupa tank boat telah dilaksanakan sejak tahun 2017 silam. Dalam pembuatannya, PT Lundin melibatkan PT Pindad dari Bandung yang bertugas menyiapkan sistem persenjataannya.

Sistem kubah senjata (turet) tank boat ini akan menggunakan Cockerill XC-8 105HP buatan CMI Defence dari Belgia dilengkapi kanon kaliber 105 mm dan senjata sekunder berupa RCWS yang mengusung senapan mesin kaliber 12,7 mm.

North Sea Boats

Kubah berawak dua orang ini telah mengintegrasikan bustle-mounted autoloade serta dilengkapi sistem komputer balistik dan sistem stabilisasi untuk memberikan solusi dan koreksi atas sudut penembakan.

Sobat setia AR, Antasena memiliki dimensi panjang 18 m, lebar 6,6 m dan diawaki empat ABK serta mampu membawa pasukan bersenjata lengkap sebanyak 20 orang. Tank boat ini dapat menggendong sebuah RIB untuk digunakan dalam penyerangan atau penyusupan pasukan.

Sebagai penggeraknya mengandalkan sepasang mesin diesel buatan MAN berdaya 1.200 hp yang mampu melaju dengan kecepatan penuh 40 knot (74 km/jam) serta jangkauan operasi hingga sejauh 2.000 mil (3.218 km).

Kapal kecil berlunas ganda (catamaran) ini memiliki rancangan draft (sarat air kapal) 0,8 meter sehingga cocok untuk bermanuver di perairan yang tidak dalam. Antasena juga dapat diandalkan untuk beroperasi di perairan dangkal mulai sekitar muara sungai hingga pesisir pantai dan selat kecil antarpulau.

North Sea Boats

Dalam misinya, X18 Antasena didapuk untuk memberikan dukungan tembakan pada pelaksanaan operasi serangan amfibi. Tugas lain yang dapat diemban Antasena adalah sebagai wahana patroli dan operasi melawan perompak (bajak laut), sarana angkut pasukan dan pengiriman logistik, serta untuk fungsi medevac.

Sobat AR, selain pesanan dari Kemhan untuk TNI AL, Antasena juga telah dipinang oleh militer Uni Emirat Arab dan Mesir. Rencananya tank boat ini akan dilepas dengan harga jual per unit dalam kisaran 10-15 juta Euro atau setara 160-240 miliar rupiah tergantung dengan kelengkapan misi yang dibawanya.

RANGGA BASWARA SAWIYYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *