Thu. May 23rd, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Update

TNI AU Bangun Satuan Radar Jayapura dan Gedung Markas Koopsau III Biak

2 min read
Dispenau

ANGKASAREVIEW.COM – TNI Angkatan Udara membangun Satuan Radar (Satrad) baru di Jayapura dan Markas Komando Operasi III di Biak. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan hal itu dalam kunjungan kerja meninjau kedua tempat di Papua itu, Rabu (25/7).

Satrad Jayapura akan dibangun di daerah Pasir VI kawasan Angkasa, Jayapura. Dalam peninjauan ke tempat ini KSAU mengatakan bahwa lokasi pembangunan sudah sangat representatif. Selain posisinya yang berada di ketinggian, juga langsung mengarah ke Samudra Pasifik.

“Lokasinya sudah bagus, pembangunan sarana dan prasananya juga sudah lumayan, oleh karena itu untuk tahap awal bila peralatan  sudah datang,  Satrad  Jayapura menjadi prioritas pertama,” kata KSAU dikutip Dispenau.

Yuyu menambahkan, pembangunan Satrad Jayapura merupakan bagian dari pengembangan organisasi TNI AU yang secara bertahap akan diikuti dengan penambahan alutsista, baik radar maupun pesawat di wilayah timur Indonesia.

Sesuai Renstra TNI AU hingga 2024, TNI AU akan menambah beberapa Satrad untuk memperkuat pertahanan udara nasional di beberapa wilayah tengah dan timur Indonesia, termasuk di daerah Papua.

Dispenau

Usai meninjau lokasi pembangunan Satrad, KSAU dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna meresmikan Taman Kanak-Kanak Angkasa di Lanud Jayapura.

Sementara itu Sobat AR, terkait pembangunan gedung Makoopsau III berikut sarana dan prasarana lainnya, KSAU dan sejumlah pejabat Mabesau telah menetapkan lahan di Lanud Manuhua, Biak tepatnya di depan Tongkonan Toraja, Biak.

“Saya berdoa, mudah-mudahan keputusan bersama ini benar-benar pilihan terbaik bagi TNI AU, sehingga tidak menimbulkan masalah bagi generasi adik-adik kita di kemudian hari,” ujar KSAU usai memimpin diskusi.

Dispenau

Lokasi yang berada di Jalan Condrokirono, Biak dengan luas area sekitar tujuh hektar ini dinilai sangat tepat dibanding dua lahan lainnya, yaitu di samping Satpom Lanud Manuhua dan Mako Lanud Manuhua.

Peletakan batu pertama pembangunan Makoopsau III dilakukan Kamis (26/7). Selanjutnya KSAU dan rombongan meninjau Batalyon Komando 468 Paskhas dan Markas Kosekhanudnas IV.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *