“Sabre” dan “Rottweil” Capai 1.000 Jam Terbang di T-50i Golden Eagle

ANGKASAREVIEW.COM – Dua penerbang tempur T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15, Wing Udara 3, Lanud Iswahjudi, Magetan kembali menorehkan pencapaian 1.000 jam terbang. Prestasi ini menambah daftar penerbang Skadron Udara 15  yang berhasil mencapai angka keramat di jet latih/tempur T-50i.

Kedua penerbang adalah Letkol Pnb Hendra “Saber” Supriyadi alumnus AAU 2000 (Sekbang 2002) dan Mayor Pnb Dharma “Rottweil” Gultom alumnus AAU 2002 (Sekbang 2004).

Hendra sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 15, sedangkan Gultom menjabat sebagai Kepala Seksi Keselamatan Terbang dan Kerja (Kasilambangja) Lanud Iswahjudi. Keduanya berturut-turut menjadi penerbang ke-6 dan ke-7 yang telah mencapai seribu jam terbang di T-50i.

Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI Samsul Rizal menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang telah diraih “Saber” dan “Rotweil”. Dikatakan, pencapaian 1.000 jam terbang bagi seorang penerbang tempur merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri.

“Pencapaian 1.000 jam terbang menandakan bahwa yang bersangkutan mampu melaksanakan tugas dengan penuh safety dan mempunya tingkat profesionalisme, keterampilan (skill), dan jiwa airmanship yang tinggi,” ujar Samsul saat memimpin upacara penyematan badge 1.000 jam terbang yang dilanjutkan dengan acara tradisi, Senin (16/7/2018).

Acara tradisi 1.000 jam terbang, kata Samsul, selain memberikan kebanggaan bagi penerbang juga agar dijadikan contoh disertai harapan agar prestasi ini dapat diikuti oleh para juniornya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *