Thu. Jul 18th, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

‘Mock-Up’ Jet Tempur Siluman Eropa Muncul di Farnborough International Airshow 2018

2 min read
REUTERS

ANGKASAREVIEW.COM – Kejutan muncul di hari pertama pembukaan pameran kedirgantaraan Farnborough International Airshow (FIA) di Hampshire, Inggris pada Senin (16/7/2018). Inggris memperlihatkan mock-up atau model pesawat skala penuh (1:1) jet tempur siluman masa depan Eropa. FIA 2018 dibuka oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May dan akan berlangsung hingga 22 Juli mendatang.

Dikatakan mengejutkan Sobat AR, karena konsep yang diwujudkan dari Combat Air Strategy ini muncul tidak lama berselang setelah Perancis dan Jerman bersepakat untuk berkolaborasi membangun jet tempur masa depan beberapa waktu lalu. Selain itu, ini tentunya adalah model pesawat dari konsep penempur generasi keenam yang langsung diperlihatkan kepada publik secara terbuka.

Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson memberikan sambutan dan membuka tirai penutup model pesawat bernama Tempest (badai)¬†ini di booth BAE Systems. Ia mengatakan, saat ini kita (Inggris dan dunia) memasuki era pertempuran yang berbahaya. Oleh karena itu, pihaknya berfokus pada bagaimana menghadapi masa depan. “Hari ini, kami perlihatkan kepada Anda sekilasan dari (perkembangan) esok hari,” ujarnya.

Dalam rilis Kementerian Pertahanan Inggris disebutkan, jet tempur generasi keenam Tempest yang akan dibuat, bakal menjadi pelengkap jet tempur generasi keempat Typhoon dan generasi kelima F-35 Lightning II di Angkatan Udara Inggris (RAF).

Youtube

Sejumlah industri besar disebut menjadi bagian dari Team Tempest yang akan memproduksi jet siluman ini. Mereka adalah BAE Systems, Rolls-Royce, MBDA, Leonardo, Defense Equipment & Support, dan RAF Rapid Capability Office. Secara bersama-sama mereka akan menggarap proyek berbiaya 2,6 miliar dolar untuk perancangannya ini.

Inggris yang dimotori pemerintah (kementerian pertahanan), akan menjadi leader dari proyek baru ini.

Sobat AR, dilihat dari penampakan foto yang beredar, Tempest yang berkonsep siluman mengusung dua mesin dengan desain sayap delta. Flightglobal menulis, jet tempur siluman ini mampu membawa rudal hipersonik serta mengendalikan kawanan drone. Pesawat ini juga memiliki sistem propulsi bertenaga besar sehingga mampu menyokong penggunaan senjata laser. Sistem siber-elektronik yang melengkapinya juga mampu menjadikan jet tempur ini bertindak selaku pusat kontrol dan kendali terbang.

Daily Star

Soal sistem di tubuh Tempest, pesawat ini dilengkapi beragam muatan yang dapat di-upgrade setiap saat dan menggunakan sistem plug-and-play yang sangat memudahkan. Demikian juga dengan virtual cockpit yang merupakan perwujudan teknologi termodern. Untuk deteksi permasalahan dan perawatan di darat, dilaksanakan menggunakan sistem pendukung robotik.

Daily Star

Inggris tampak berambisi besar untuk mewujudkan jet tempur di atas F-22 dan F-35 ini (mengacu pada peristilahan jet tempur generasi keenam yang digunakan untuk Tempest). Tahun 2020 pun dicanangkan sebagai tahun go atau no go proyek ini. Tahun 2025 purwarupa pertama diharapkan sudah bisa diwujudkan dan tahun 2035 Tempest akan mulai digunakan di jajaran dinas operasional.

“Proyek ini membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak, untuk secara bersama-sama menjaga wilayah udara dari ancaman yang membahayakan,” tandas Williamson.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *