Sun. Jul 21st, 2019

Airspace Review

Aviation & Military Updates

Dimulainya Penerbangan Haji 2018, Dirjen Hubud Gelar Ramp Check di Bandara Soekarno Hatta

2 min read
penerbangan hajiHumas Ditjen Hubud

ANGKASAREVIEW.COM – Seiring dimulainya penyelenggaraan penerbangan dalam rangka ibadah haji tahun 2018, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso didampingi Direktur Teknik Garuda dan kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah 1 lakukan ramp check pada pesawat Boeing B777 Garuda registrasi PK-GIC di Terminal 2 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta hari ini, Selasa (17/7/2018).

Jamaah haji diterbangkan dari beberapa embarkasi, antara lain dari Embarkasi Padang, Embarkasi Jakarta, Embarkasi Solo, Embarkasi Surabaya, Embarkasi Makassar dan Embarkasi Lombok.

Menurut Agus, giat hari ini merupakan bagian dari rangkaian ramp check khusus angkutan haji yang dilakukan oleh inspektur dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Ditjen Perhubungan Udara dan Kantor Otoritas Bandar Udara di masing-masing embarkasi pada 16-20 Juli 2018.

Rampcheck dilakukan guna suksesnya penyelenggaraan Penerbangan Haji tahun 2018 sehingga dapat terlaksana dengan lancar, selamat, aman dan nyaman.

“Hasil rampcheck hari ini tidak ada masalah dan pesawat laik terbang. Sebelumnya kami juga sudah melakukan pemeriksaan dan verifikasi pesawat yang akan dipakai oleh Garuda dan Saudi untuk penerbangan haji ini, dan hasilnya setelah diadakan penyehatan semua pesawat laik terbang,” ujar Agus.

Baca Juga:

Pertumbuhan Penumpang dan Penerbangan Menggeliat, AP II Bergegas Rampungkan AOCC, ECT dan Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta

Akselerasi Pembangungan Sisi Udara Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Dalam kurun waktu rampcheck khusus tersebut jumlah pemeriksaan dari 12 lokasi Bandar Udara adalah sebanyak 57 pemeriksaan dan pemeriksaan per individual sebanyak 21 pesawat.

Sesuai Keputusan Menteri Agama, maskapai yang ditunjuk melayani penerbangan haji tahun ini adalah PT. Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines.

Garuda telah menyiapkan armada berjumlah 13 unit pesawat. Terdiri dari 5 unit pesawat Boeing B777-300, 3 unit B747-400, 4 unit Airbus A330-300, dan 1 unit pesawat A330-200. Sedangkan Saudi Arabian Airlines menyiapkan armada 18 unit yang terdiri dari 11 unit pesawat Boeing B777-300 dan 7 unit pesawat B747-400.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *