Boeing-Embraer Patungan Kembangkan Pesawat Regional

Boeing

ANGKASAREVIEW.COM – Boeing dan pabrikan pesawat asal Brasil Embraer berencana membentuk usaha patungan yang akan mendorong raksasa kedirgantaraan AS itu bisa lebih agresif ke pasar pesawat regional.

Perusahaan baru yang sedang dikaji secara ketat oleh parlemen di Brasil akan beroperasi dengan modal awal sekitar 4,7 miliar dolar AS.

Pihak perusahaan mengatakan bahwa Boeing akan menjadi pemegang saham terbesar, yaitu sebanyak 80 persen dari total modal dan Embraer 20 persen sisanya.

Baca juga:
Setelah Indonesia, Filipina Juga Beli Super Tucano dari Embraer
Boeing 737 MAX Pertama Ethiopian Airlines

Anggota parlemen Brasil dikabarkan ragu-ragu untuk mengizinkan kesepakatan raksasa ini. Alasannya jelas, parlemen takut jika pemerintah Brazil kehilangan kendali atas aset utama mereka di industri dan pertahanan.

Embraer adalah salah satu raksasa industri Brasil. Pemerintah Brasil tentu melihat jika perusahaan yang juga dalam manufaktur pertahanan ini menjadi industri strategis penting. Presiden Michel Temer bahkan dikabarkan sebelumnya juga menolak menjual kendali ke Boeing.

Pemerintah memiliki hak veto atas setiap perubahan dalam minat mengendalikan perusahaan, indikasi betapa berharganya itu dan seberapa sensitif setiap transaksi dengan investor asing.

Kemitraan apa pun antara Boeing, yang berbasis di Chicago, dan Embraer digadang akan mampu melawan hubungan mesra antara Airbus dan Bombardier Kanada yang telah terjalin baru-baru ini. Hubungan keduanya tentu telah mengancam Boeing.

Jajaran pesawat Embraer akan membantu Boeing menandingi saham mayoritas baru Airbus di pesawat C Series Bombardier yang berkapasitas 100-150 kursi dan membantunya bersaing dengan pesawat kecil dari China. (IAN)

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!