AL Belgia Kepincut Performa Heli Nirawak Camcopter S-100

Stahlkocher

ANGKASAREVIEW.COM Belgia terus menguji kebolehan helikopter mini nirawak Camcopter S-100 buatan Schiebel untuk menjaga wilayah perairan mereka.

Otoritas Belgia mengklaim bahwa Schiebel telah menunjukkan kemampuan SAR dan pengawasan maritim dari Camcopter S-100 yang akan digunakan oleh Angkatan Laut Belgia.

Uji coba dilakukan dari 21 Juni hingga 1 Juli 2018 lalu. Rencananya Camcopter S-100 dirancang untuk membangun basis pengetahuan yang ditingkatkan dan mengembangkan konsep operasi untuk penggunaan helikopter nirawak yangmendukung misi SAR dan ISR.

Baca juga:
Belgia, Denmark, dan Belanda Bentuk Komando Operasi Pasukan Khusus Gabungan
Korps Marinir AS Terima Helikopter Angkut Berat CH-53K King Stallion

Untuk penerbangan demonstrasi, helikopter dilengkapi dengan dua muatan, antara lain L3 Wescam MX-10 dan Overwatch Imaging PT-8 Oceanwatch. Selain itu AL Belgia juga menguji performa penerima sistem identifikasi otomatis dan kotak penyelamatan.

Uji coba mencakup berbagai skenario SAR dalam pengaturan berbasis daratan di Lombardside dan di sekitar pelabuhan laut Zeebrugge.

“Percobaan dengan S-100 telah sangat berhasil dan telah mengajari kita tentang banyak kemungkinan sistem dan sensor yang ada. Kemampuan ini untuk beroperasi di wilayah udara Belgia lebih dulu. Ada juga peluang untuk beroperasi di wilayah keamanan dan prospek pesisir untuk pengembangan lebih lanjut,” ujar Letnan Komandan Biermans dari Angkatan Laut Belgia.

“Mengingat rumitnya memperkenalkan heli nirawak taktis maritim ke angkatan laut dan dampaknya pada konsep operasi dan taktik, ini adalah langkah pertama yang informatif dan akan menjadi bagian dari serangkaian pengujian dan percobaan dengan berbagai kendaraan dan sensor,” tambah Biermans. (IAN)

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!