Unjuk Kemahiran, Thai Navy SEALs Selamatkan Tim Sepakbola Remaja dari dalam Gua

Soprep

ANGKASAREVIEW.COM – Thailand, negara yang dikenal dengan sebutan Negeri Gajah Putih memiliki sejumlah pasukan khusus. Salah satunya adalah Underwater Demilition Assault Unit (UDAU) atau dikenal dengan Royal Thai Navy SEALs. Thailand memang memiliki kedekatan dengan Amerika Serikat, sehingga sejumlah unit atau kesatuan militer di Thailand juga menggunakan nama atau kemiripan dengan pasukan asal Paman Sam.

Sobat AR, kiprah Royal Thai Navy SEALs terbilang cukup gemilang. Sejumlah operasi militer melawan teroris berhasil dibuktikan oleh pasukan katak tersebut. Baru-baru ini Royal Thai Navy SEALs kembali membuktikan bahwa unit ini pantas disebut pasukan elite kelas dunia. Bukan dalam operasi pembebasan sandera ataupun misi penyergapan teroris, melainkan pertolongan terhadap anggota tim sepakbola remaja yang terjebak di dalam gua

Setelah sembilan hari terjebak di dalam gua di Provinsi Chiang Rai, Thailand sejak 23 Juni 2018, sebanyak 13 anggota tim sepak bola remaja dan pelatihnya berhasil ditemukan pada 2 Juli dan dievakuasi dalam keadaan selamat sehari kemudian. Mereka terdiri dari sejumlah anak-anak berumur 11-16 tahun. Tim sepak bola tersebut terjebak di dalam gua saat berusaha melakukan perjalanan alam.

US Navy

Royal Thai Navy SEALs awalnya kesulitan menemukan posisi tim sepak bola malang itu. Namun Sobat AR, berkat petunjuk berupa sepeda dan perlengkapa bola yang tertinggal di mulut gua, UDAO akhirnya berhasil menentukan posisi mereka. Tidak hanya Royal Thai Navy SEALs saja yang berupaya menyelamatkan para korban, militer Amerika Serikat dan Australian Federal Police pun ikut memberi supervisi operasi penyelamatan. Demikian juga tim dari China, Jepang, dan Inggris datang berniat membantu.

Usaha penyelamatan berlangsung dramatis. Sejumlah peralatan khusus untuk memompa air keluar dari dalam gua turut digunakan. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari usaha keras Thai Navy SEALs yang berjibaku untuk menemukan dan menolong para korban.

(RND)

Bagikan ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!